Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Rusuh di Papua

Legislator DPR Pastikan Kelompok Tak Senang Jokowi Bangun Papua Bukan Orang Papua

"Orang Papua tidak mungkin, tapi kalau orang di luar Papua yang singgah itu mungkin," katanya

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Politikus PDIP asal Papua Jimmy Ijie menilai gejolak di Papua akibat tindakan rasis di Surabaya bisa saja disusupi oleh pihak-pihak yang secara pribadi tak senang dengan Jokowi membangun Papua.

Namun, Jimmy menolak jika hal tersebut justru mengerucut ke orang Papua sendiri.

Baca: Anggotanya Kirim Miras ke Mahasiswa Papua, Kapolda Jabar Minta Maaf

"Orang Papua tidak mungkin, tapi kalau orang di luar Papua yang singgah itu mungkin. Karena orang Papua itu jujur; kalau dia bilang A ya A," kata Jimmy kepada Tribunnews, Jumat (23/8/2019).

Legislator DPR RI Komisi I itu menilai orang-orang Papua sangat apresiasi kepada Jokowi karena upayanya selama ini, yang menurut Jimmy, menghadirkan wajah negara ke pulau paling timur Indonesia itu.

"Tapi yang terpenting sekarang, karena isu Papua ini juga masuk ke ranah internasional, negara harus segera membuka ruang dialog seluas-luasnya, selebar-lebarnya. Jangan sampai pihak ketiga masuk," katanya.

Baca: KKB Papua Susupi Massa Aksi Demo Anti Rasis, Tembak Kapolres dari Atas Mobil

Nama seperti Benny Wenda yang dikhawatirkan selama ini, Jimmy, bisa saja secara tiba-tiba menyiapkan amunisi karena gejolak di bumi cendrawasih akhir-akhir ini. Seperti diketahu, Benny Wenda merupakan orang oenring di balik  Gerakan Pembebasan Untuk Papua Barat (ULMWP).

"Benny sudah mulai kampanye soal rasisme, dan itu berarti mereka memanfaatkan peristiwa di Surabaya ini untuk memengaruhi orang-orang yang berada di Pacific Alliance Forum untuk mendapatkan suara. Tanpa sadar kita terperangkap dalam agenda setting mereka," pungkasnya.

Ada kelompok yang tak ingin Papua maju

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut ada dua kelompok yang tidak senang dengan upaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) membangun Papua dan Papua Barat menjadi sejahtera. 

Halaman
1234
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Reza Deni
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
  Loading comments...
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas