Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Keunggulan Rebana, Kandidat Ibu Kota Baru Jawa Barat, Jadi Kawasan Segitiga Emas Ekonomi Jabar

Seperti satu di antara indikator ibu kota baru yang disampaikan Ridwan Kamil, Rebana memiliki keunggulan dari segi ekonomi.

Editor: Lailatun Niqmah
zoom-in Keunggulan Rebana, Kandidat Ibu Kota Baru Jawa Barat, Jadi Kawasan Segitiga Emas Ekonomi Jabar
Seno Tri Sulistiyono/Tribunnews.com
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 

TRIBUNNEWS.COM - Kawasan segitiga emas Rebana yang meliputi Cirebon, Patimban, dan Kertajati (Majalengka) menjadi satu di antara kandidat ibu kota baru Jawa Barat (Jabar).

Dilansir TribunWow.com dari Kompas.com, masuknya Rebana dalam usulan lokasi ibu kota baru disampaikan oleh Gubernur Ridwan Kamil, Kamis (29/8/2019).

"Ada di Tegalluar, Walini, atau Rebana juga. Terbuka sebenarnya, tapi sementara tiga tempat itu. Indikatornya, semua kemungkinan butuh kajian, minim risiko, aksesibilitas, tingkat ekonomi, ketersediaan air dan lain-lain," kata Ridwan Kamil.

Baca: Gempa Hari Ini - Gempa Tektonik 2,7 Guncang Cirebon Dini Hari Tadi

Keunggulan Rebana

Seperti satu di antara indikator ibu kota baru yang disampaikan Ridwan Kamil, Rebana memiliki keunggulan dari segi ekonomi.

Dikutip dari TribunJabar, sejak Februari 2019, Rebana sudah diproyeksikan sebagai kawasan segitiga emas ekonomi Jawa Barat.

Ridwan Kamil mengatakan, Rebana akan menjadi kawasan paling futuristik di Jabar.

Guna menunjang kegiatan ekonomi di kawasan Rebana, Ridwan Kamil sudah mengajukan wilayah itu jadi Kasawan Ekonomi Khusus (KEK) industri.
BERITA TERKAIT

“Dengan KEK, daya saing mudah, perizinan diurus KEK, enggak bayar pajak ekspor impor," kata Ridwan Kamil, Selasa (9/7/2019), dikutip dari TribunJabar.

"Tahun ini di tiga lokasi, 200 hektare di Pangandaran, 300 hektare di Sukabumi, dan ribuan hektare di Rebana,” imbuh Ridwan Kamil.

Pengajuan menjadi KEK tak lepas dari adanya dua sarana transportasi besar, yakni Pelabuhan Patimban di Subang, dan Bandara Kertajati di Majalengka.

BACA SELENGKAPNYA>>>

Sumber: TribunWow.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas