Tribun

Wakil Gubernur Jakarta

Satu dari Dua Cawagub DKI Lolos ke Parlemen, Apa Kata PKS?

Ahmad Syaikhu yang memperoleh 147.573 suara, dinobatkan sebagai caleg dengan raupan suara terbanyak pada Dapil Jawa Barat VII, Provinsi Jawa Barat.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Johnson Simanjuntak
Satu dari Dua Cawagub DKI Lolos ke Parlemen, Apa Kata PKS?
Kolase Wartakotalive.com
Alasan Ahmad Syaikhu Dinilai Lebih Baik Dari Agung Yulianto Gantikan Sandiaga Uno Jadi Cawagub DKI 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI telah menyerahkan surat berisi dua nama Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta pendamping Anies Baswedan ke DPRD DKI pada Senin (4/3/2019). Mereka adalah Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto.

Tapi ternyata, satu diantaranya berhasil lolos ke Senayan.

Ahmad Syaikhu yang memperoleh 147.573 suara, dinobatkan sebagai caleg dengan raupan suara terbanyak pada Dapil Jawa Barat VII, Provinsi Jawa Barat.

Politisi PKS itu masuk dalam daftar 575 anggota DPR RI terpilih yang ditetapkan oleh KPU RI pada 31 Agustus 2019 kemarin. Mereka sendiri akan dilantik pada 1 Oktober 2019 mendatang.

Baca: Guru Besar UI: Isu Rasisme tidak Bisa Berujung pada Referendum di Papua

Artinya, Ahmad Syaikhu punya waktu kurang lebih 27 hari lagi untuk menentukan nasibnya apakah tetap menjadi Cawagub DKI, atau memilih duduk di kursi empuk parlemen.

Menanggapi persoalan ini, Ketua Dewan Syariah Wilayah (DSW) PKS DKI Jakarta, Abdurrahman Suhaimi menegaskan, setidaknya hingga sekarang mereka masih konsisten mendorong Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu untuk kursi DKI 2.

Katanya, selama belum ada surat pencabutan, maka PKS teguh berpedoman pada surat resmi yang diajukan sebelumnya.

"Selama belum ada surat resmi pencabutan, maka kita harus berpedoman itu. Selama itu belum dicabut kita harus tentukan itulah yang dicalonkan oleh PKS-Gerindra," kata Suhaimi saat dikonfirmasi, Selasa (3/9/2019).

Baca: Viral Kasus Video Panas Banjarmasin: Ada 3 Video, Model, hingga Soal Jeratan Hukum

Akan tetapi, Suhaimi tak tutup kemungkinan bila seiring waktu berjalan, dua nama Cawagub yang telah diajukan, alami perubahan.

PKS tinggal menunggu bagaimana sikap Ahmad Syaikhu sembari mengawal proses pemilihan Wagub DKI di DPRD.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas