Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemakaman Habibie di TMP Kalibata: Orang Pertama Turunkan Jenazah hingga Dimakamkan di Samping Ainun

Rangkaian prosesi pemakaman BJ Habibie digelar siang ini pukul 14.00 WIB, orang pertama yang turunkan jenazah hingga dimakamkan di samping Ainun.

Penulis: Pravitri Retno Widyastuti
Editor: Miftah
zoom-in Pemakaman Habibie di TMP Kalibata: Orang Pertama Turunkan Jenazah hingga Dimakamkan di Samping Ainun
KOMPAS.com/TOTOK WIJAYANTO
Rangkaian prosesi pemakaman BJ Habibie digelar Kamis (12/9/2019) siang ini pukul 14.00 WIB, orang pertama yang turunkan jenazah hingga dimakamkan di samping Ainun. 

Rangkaian prosesi pemakaman BJ Habibie digelar siang ini pukul 14.00 WIB, orang pertama yang turunkan jenazah hingga dimakamkan di samping Ainun.

TRIBUNNEWS.COM - Berikut rangkaian proses pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata yang digelar Kamis (12/9/2019) siang ini pukul 14.00 WIB.

Presiden ke-3 Republik Indonesia, BJ Habibie akan dimakamkan tepat di samping almarhumah Hasri Ainun Habibie atau biasa dipanggil Ainun Habibie.

Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP Ali Mochtar Ngabalin, mengabarkan pemakaman BJ Habibie akan didahului penyerahan jenazah kepada negara.

Mengutip Kompas.com, penyerahan jenazah akan diserahkan sekitar pukul 12.30 WIB.

Baca: Ajudan Ungkap Momen BJ Habibie Minta Mobil Putar Balik Pulang demi Segelas Kopi: Ini Ibumu yang Buat

Baca: Pesan Terakhir BJ Habibie Sebelum Tutup Usia, Arief Rachman: Didiklah Bangsa Ini Sebaik-baiknya

Jenazah BJ Habibie diketahui akan dibawa menuju TMP Kalibata pukul 13.00 WIB dan diperkirakan tiba 30 menit kemudian.

Sejumlah prajurit Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengangkat peti jenazah dari almarhum Presiden ke-3 RI, Prof Dr Ing H Bacharuddin Jusuf Habibie, turun dari mobil jenazah setibanya di rumah duka di Jakarta, Rabu (11/10/2019). BJ Habibie meninggal dunia setelah menjalani perawatan di RSPAD. (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN) *** Local Caption *** Prof Dr Ing H Bacharuddin Jusuf Habibie
Sejumlah prajurit Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengangkat peti jenazah dari almarhum Presiden ke-3 RI, Prof Dr Ing H Bacharuddin Jusuf Habibie, turun dari mobil jenazah setibanya di rumah duka di Jakarta, Rabu (11/10/2019). BJ Habibie meninggal dunia setelah menjalani perawatan di RSPAD. (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN) *** Local Caption *** Prof Dr Ing H Bacharuddin Jusuf Habibie (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

"Disepakati dengan keluarga, untuk besok, upacara penyerahan dari keluarga kepada negara pada pukul 12.30 WIB," terang Ngabalin di rumah duka, Jalan Patra Kuningan XIII Blok L15/7 No 5 Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (11/9/2019).

BERITA TERKAIT

Thareq Kemal Habibie menjadi perwakilan pihak keluarga yang menyerahkan jenazah Habibie pada Ketua MK Anwar Usman.

Prosesi pemakaman kemudian akan dilakukan secara kemiliteran dipimpin Garnisun TNI.

"Kemudian pukul 14.00 WIB upacara di Taman Makam Pahlawan yang akan langsung dipimpin Bapak Presiden Republik indonesia," ujar Ngabalin.

Setelahnya, orang pertama yang menurunkan jenazah BJ Habibie adalah putra pertama almarhum, yaitu Ilham Akbar Habibie.

Prosesi selanjutnya, penaburan bunga pertama kali dilakukan adik Habibie, Suyatim Abdurrahman Habibie.

Selain menjadi perwakilan menyerahkan jenazah BJ Habibie, Thareq juga akan memberikan pidato atas nama keluarga.

"Sementara pidato atas nama keluarga, Mas Thareq," tambah Ngabalin.

Presiden RI ketiga BJ Habibie berdoa saat berziarah di makam istrinya Ainun Habibie, di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (20/9/2013). Presiden sekaligus ilmuwan kebanggaan Indonesia BJ Habibie wafat pada Rabu 11 September 2019 dalam usia 83 tahun. Warta Kota/adhy kelana/kla
Presiden RI ketiga BJ Habibie berdoa saat berziarah di makam istrinya Ainun Habibie, di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (20/9/2013). Presiden sekaligus ilmuwan kebanggaan Indonesia BJ Habibie wafat pada Rabu 11 September 2019 dalam usia 83 tahun. Warta Kota/adhy kelana/kla (Warta Kota/adhy kelana)
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas