Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kata Ilham untuk Sang Ayah: Sampai Jumpa Di Akhirat, Eyang Tercinta, Selamat Jalan

Seperti yang baru saja dialami oleh Ilham Akbar Habibie yang harus kehilangan sang ayah, Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie, untuk selamanya.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Kata Ilham untuk Sang Ayah: Sampai Jumpa Di Akhirat, Eyang Tercinta, Selamat Jalan
Tribunnews.com/ Fransiskus Adhiyuda
Ratusan warga antusias menghadiri pemakaman Presiden RI ketiga Bacharuddin Jusuf Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Kamis (12/9/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kematian memang menjadi hal yang memilukan, terlebih jika itu terjadi pada orang-orang terdekat.

Seperti yang baru saja dialami oleh Ilham Akbar Habibie yang harus kehilangan sang ayah, Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie, untuk selamanya.

Kepergian sang ayah yang akrab disapa Eyang Habibie tersebut tentu saja mengulang luka lama saat dirinya dan keluarga kehilangan sang ibu, mendiang Hasri Ainun Habibie, pada 2010 silam.

Mewakili keluarga dan di hadapan para tamu yang menghadiri upacara pemakaman sang ayah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019), Ilham mengucapkan salam perpisahan kepada Eyang Habibie.

Ilham berharap sang ayah mendengar salamnya itu dan mengetahui bahwa seluruh keluarga, sahabat serta rakyat Indonesia mencintainya.

"Sampai jumpa di akhirat, bapak, eyang tercinta, selamat jalan, dan kita mencintai papa dan eyang semuanya," ujar Ilham, dalam sambutannya mengantarkan kepergian sang ayah ke tempat peristirahatan terakhir.

Baca: Membangun Indonesia Maju, dengan Pemikiran Visioner ala Habibie

Ia pun meminta maaf kepada sosok yang selama ini ia teladani, terkait kesalahan yang pernah dirinya dan semua orang lakukan terhadap sang ayah.

BERITA TERKAIT

Doa pun terus ia panjatkan agar Bapak Teknologi itu meninggal dalam keadaan yang baik.

"Mudah-mudahan husnul khotimah, mohon maaf atas semua yang kita buat kepada eyang, kita cinta bapak," kata Ilham.

Perlu diketahui, Bapak Teknologi sekaligus Alumni Rheinisch-Westfälische Technische Hochschule (RWTH) Aachen, Jerman itu dimakamkan tepat di samping pusara sang istri tercinta, Hasri Ainun Habibie.

Sejak awal September 2019, ia dirawat secara intensif oleh Tim Dokter Kepresidenan di ruang CICU, Paviliun Kartika, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Kondisi Eyang Habibie sebelumnya dikabarkan membaik dalam perawatan intensif di rumah sakit itu, namun kembali mengalami penurunan kondisi.

Ia pun akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 83 tahun.

Selamat jalan Eyang Habibie.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas