Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

BJ Habibie Meninggal Dunia

Kata Ilham untuk Sang Ayah: Sampai Jumpa Di Akhirat, Eyang Tercinta, Selamat Jalan

Seperti yang baru saja dialami oleh Ilham Akbar Habibie yang harus kehilangan sang ayah, Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie, untuk selamanya.

Kata Ilham untuk Sang Ayah: Sampai Jumpa Di Akhirat, Eyang Tercinta, Selamat Jalan
Tribunnews.com/ Fransiskus Adhiyuda
Ratusan warga antusias menghadiri pemakaman Presiden RI ketiga Bacharuddin Jusuf Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Kamis (12/9/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kematian memang menjadi hal yang memilukan, terlebih jika itu terjadi pada orang-orang terdekat.

Seperti yang baru saja dialami oleh Ilham Akbar Habibie yang harus kehilangan sang ayah, Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie, untuk selamanya.

Kepergian sang ayah yang akrab disapa Eyang Habibie tersebut tentu saja mengulang luka lama saat dirinya dan keluarga kehilangan sang ibu, mendiang Hasri Ainun Habibie, pada 2010 silam.

Mewakili keluarga dan di hadapan para tamu yang menghadiri upacara pemakaman sang ayah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019), Ilham mengucapkan salam perpisahan kepada Eyang Habibie.

Ilham berharap sang ayah mendengar salamnya itu dan mengetahui bahwa seluruh keluarga, sahabat serta rakyat Indonesia mencintainya.

"Sampai jumpa di akhirat, bapak, eyang tercinta, selamat jalan, dan kita mencintai papa dan eyang semuanya," ujar Ilham, dalam sambutannya mengantarkan kepergian sang ayah ke tempat peristirahatan terakhir.

Baca: Membangun Indonesia Maju, dengan Pemikiran Visioner ala Habibie

Ia pun meminta maaf kepada sosok yang selama ini ia teladani, terkait kesalahan yang pernah dirinya dan semua orang lakukan terhadap sang ayah.

Doa pun terus ia panjatkan agar Bapak Teknologi itu meninggal dalam keadaan yang baik.

"Mudah-mudahan husnul khotimah, mohon maaf atas semua yang kita buat kepada eyang, kita cinta bapak," kata Ilham.

Perlu diketahui, Bapak Teknologi sekaligus Alumni Rheinisch-Westfälische Technische Hochschule (RWTH) Aachen, Jerman itu dimakamkan tepat di samping pusara sang istri tercinta, Hasri Ainun Habibie.

Sejak awal September 2019, ia dirawat secara intensif oleh Tim Dokter Kepresidenan di ruang CICU, Paviliun Kartika, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Kondisi Eyang Habibie sebelumnya dikabarkan membaik dalam perawatan intensif di rumah sakit itu, namun kembali mengalami penurunan kondisi.

Ia pun akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 83 tahun.

Selamat jalan Eyang Habibie.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...

Berita Terkait :#BJ Habibie Meninggal Dunia

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas