Tribun

Kabinet Jokowi

Ciptakan Trobosan Ekonomi, Nadiem Makarim Dinilai Layak Masuk Kabinet Jokowi

Di antara kandidat yang ada, Fitra menilai CEO Gojek Indonesia, Nadiem Makarim layak dipertimbangkan

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ciptakan Trobosan Ekonomi, Nadiem Makarim Dinilai Layak Masuk Kabinet Jokowi
TRIBUN/HO
Founders and Global CEO Gojek Nadiem Makarim (kanan) memberikan materi dalam sesi mentorship dan pembekalan ilmu peserta Akselerator Startup UI Works, di Kantor Gojek, Jakarta, Kamis (15/8/2019). Selain menyampaikan beberapa poin terkait tantangan-tantangan yang sering dihadapi oleh founders start-up pada umumnya, Nadiem turut menyampaikan tiga filosofi yang menjadi kunci bagi start-up; motivasi founders, managing people, dan momentum. Gojek juga berharap peserta Akselerator Startup UI Works dapat terus berkembang dan menyelesaikan berbagai permasalahan di tengah masyarakat, sehingga lebih banyak startup karya merah putih yang bangkit menjadi pemain di negeri sendiri. TRIBUNNEWS/HO 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut akan menempatkan kalangan muda di kabinet Indonesia Kerja jilid 2 periode 2019-2024.

Menteri muda tersebut harus mengerti manajemen, mengeksekusi program serta mampu mengikuti perubahan zaman dengan cepat.

Baca: Golkar Incar Kursi Menteri Sosial di Kabinet Kerja II Jokowi-Maruf?

Menurut ekonom Universitas Indonesia, Fitra Faisal, Indonesia dapat meniru Malaysia dalam mengangkat Syed Syaddiq sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Di antara kandidat yang ada, Fitra menilai CEO Gojek Indonesia, Nadiem Makarim layak dipertimbangkan.

"Terlebih kita memiliki banyak calon potensial dari kalangan muda yang bisa melahirkan terobosan dalam membantu mengatasi tantangan jangka pendek yang dihadapi Indonesia di bidang ekonomi. Salah satunya, Nadiem Makarim," kata Fitra kepada wartawan, Jumat (18/10/2019).

Bos Gojek Nadiem Makarim
Bos Gojek Nadiem Makarim (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Ia menambahkan, dengan kredibilitas Nadiem dalam membangun Gojek, perusahaan rintisan yang telah menjadi Decacorn, atau punya valuasi di atas US$ 10 miliar, pria 35 tahun itu bisa diberi kepercayaan untuk beberapa bidang karena kemampuan eksekusi yang mumpuni.

"Pilihannya mulai dari investasi, digital, ataupun bidang pendidikan. Tapi yang saya ingin tekankan, adalah bagaimana digitalisasi menjadi tuntutan dunia saat ini. Semua bidang akan terkait dengan digitalisasi dan juga tehnologi, makanya digital sangat penting. Menurut saya, Nadiem punya kapasitas dalam hal itu," ungkap Fitra Faisal.

Menurutnya, kabinet yang akan dibentuk Jokowi - Maruf Amin akan dihadapkan pada sejumlah tantangan.

Baca: ‎Puji Suara Mendikbud dan Kapolri, Jokowi: Saya Kira Pak Muhadjir Tadi Mau Ngaji, Ternyata Nyanyi

Mulai dari jangka pendek hingga potensi resesi yang berlanjut, serta krisis-krisis yang harus diantisipasi segera.

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas