Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi Segera Umumkan Menteri Kabinet: 'Bisa Minggu, Senin atau Selasa'

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji segera mengumumkan calon pembantunya di kabinet untuk periode lima tahun mendatang.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Jokowi Segera Umumkan Menteri Kabinet: 'Bisa Minggu, Senin atau Selasa'
Wartawan Magang/Meliana
Sejumlah karangan bunga ucapan selamat untuk pelantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin telah berdatangan sejak Sabtu (19/10/2019) pagi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji segera mengumumkan calon pembantunya di kabinet untuk periode lima tahun mendatang.

Presiden juga menegaskan nomenklatur yang kemungkinan tidak berubah, sama seperti kementerian sebelumnya, berjumlah 34.

"Paling (umumkan kabinet) sehari dua hari, paling lama tiga hari. Bisa Minggu, bisa Senin, bisa Selasa," kata Presiden usai menggelar silaturahmi bersama jajaran Menteri Kabinet Kerja di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (18/10/2019), dua hari lalu.

Jokowi berharap masyarakat bersabar menunggu pengumuman jajaran menteri yang kemungkinan tidak hanya diisi oleh kader partai, melainkan juga tenaga profesional.

"Kalau sudah diumumkan semua akan tahu. Mana yang masuk, mana yang tidak masuk, mana yang belum masuk," kata dia.

Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam kesempatan silaturahim dengan Presiden Jokowi dan jajaran menteri, berbagi kesan selama lima tahun ini bekerja sama dengan Presiden Jokowi.

"Selama lima tahun bersama Pak Jokowi, semua baik. Kalau tidak baik bagaimana kita mau bekerja sama," ujarnya.

BERITA TERKAIT

Ditanya apakah dirinya bakal merindukan komunikasi dengan Jokowi, Jusuf Kalla langsung tertawa lepas.

"Ini kan bukan perpisahan, kita masih bisa komunikasi. Sekarang sudah canggih dengan alat komunikasi bisa tatap muka," tuturnya.

Baca: Dua Bocah Menangis di Tepi Jalan Lihat Orang Tuanya Terbakar di Dalam Mobil

Mengenai sosok Jokowi, menurut Jusuf Kalla, Jokowi paling tidak bisa dibohongi karena selalu turun ke bawah melihat langsung detailnya di lapangan.

"Beliau (Jokowi) ini selalu ketahui detailnya, selalu ke bawah, ke daerah. Jadi wajar detailnya beliau tahu dan tidak bisa dibohongi," ungkapnya.

Jokowi dalam kesempatan itu bercerita suka dukanya selama lima tahun bekerja bersama Jusuf Kalla dan para menterinya.

"Ini silaturahmi yang terakhir dengan Bapak JK (Jusuf Kalla) beserta para menteri, staf sus dan utusan khusus yang kita lakukan dengan sederhana," kata Jokowi.

"Karena kita telah lima tahun bekerja bersama-sama sehingga acara hari ini adalah acara ya kalo perpisahan kan bukan perpisahan juga, karena setiap hari kita mungkin masih sering bertemu," tambah Jokowi.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas