Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bocoran Terbaru Menteri Jokowi-Maruf Amin, Nama AHY Masuk jadi Wakil Fadli Zon

Berikut bocoran terbaru daftar menteri kabinet Jokowi-Maruf Amin yang beredar. Fadli Zon disebut jadi Menteri Pertahanan dan AHY menjadi wakilnya.

Penulis: Citra Agusta Putri Anastasia
Editor: Miftah
zoom-in Bocoran Terbaru Menteri Jokowi-Maruf Amin, Nama AHY Masuk jadi Wakil Fadli Zon
Tribunnews/JEPRIMA
Wakil Presiden ke 10 dan 12 Jusuf kalla saat memberikan ucapan selamat kepada Presiden terpilih Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih Maruf Amin pada acara Sidang Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Masa Jabatan 2019-2024 di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019). Sidang Paripurna MPR dengan Agenda Tunggal Pengucapan Sumpah dan Pelantikan Joko Widodo sebagai Presiden Republik Indonesia dan Ma'ruf Amim sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih periode 2019-2024. Tribunnews/Jeprima 

Berikut bocoran terbaru daftar menteri kabinet Jokowi-Maruf Amin yang beredar. Fadli Zon disebut jadi Menteri Pertahanan dan AHY menjadi wakilnya.

TRIBUNNEWS.COM - Bocoran terbaru daftar menteri kabinet Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024, Joko Widodo dan Maruf Amin, kembali beredar.

Daftar menteri Kabinet Jokowi Jilid II ini tersebar menjelang pelantikan Jokowi dan Maruf Amin hari ini, Minggu (20/10/2019).

Dilansir Tribunnews, sebelumnya, Jokowi berjanji untuk segera mengumumkan calon menteri kabinet untuk periode lima tahun mendatang.

Presiden juga menegaskan, nomenklatur kemungkinan tidak berubah dan sama seperti kementerian sebelumnya, yakni berjumlah 34.

Baca: Jelang Pelantikan Presiden-Wakil Presiden 2019, Berikut Perbandingan Harta Jokowi dan Maruf Amin

Baca: Pelantikan Jokowi-Maruf Amin Bawa Berkah Bagi PKL di Sekitar Kompleks Parlemen

"Paling (umumkan kabinet) sehari dua hari, paling lama tiga hari. Bisa Minggu, bisa Senin, bisa Selasa," kata Presiden usai menggelar silaturahmi bersama jajaran Menteri Kabinet Kerja di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (18/10/2019) lalu.

Jokowi berharap, masyarakat bersabar menunggu pengumuman jajaran menteri yang kemungkinan tidak hanya diisi oleh kader partai, melainkan juga tenaga profesional.

BERITA TERKAIT

"Kalau sudah diumumkan semua akan tahu. Mana yang masuk, mana yang tidak masuk, mana yang belum masuk," kata dia.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari menduga, Jokowi tidak akan langsung mengumumkan nama menteri kabinet kerja jilid II.

Sebab, pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai Presiden-Wakil Presiden periode 2019-2024 akan dilangsungkan hingga sore hari.

Oleh karena itu, kondisi tersebut dianggap tidak memungkinkan untuk langsung mengumumkan nama-nama calon menteri.

"Saya sudah menduga dari awal Pak Jokowi tidak langsung mengumumkan kabinet pada saat setelah dilantik, karena nanti acara selesai kira-kira jam 4 (sore,red) sudah terlalu sore," kata M. Qodari kepada wartawan, Minggu (20/10/2019), dilansir Tribunnews.

"Sementara kita melihat Pak Jokowi 5 tahun lalu mengumumkan kabinet itu dengan menampilkan nama menterinya," tambahnya.

Selain itu, M Qodari menyebut tidak memungkinkan Jokowi mengumumkan pada malam hari.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas