Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sejarah dan Tujuan Peringatan Hari Disabilitas Internasional yang Sudah Ada Sejak Tahun 1992

Hari Disabilitas Internasional, Simak Sejarah hingga Kumpulan Ucapan Gambar Cocok untuk Update di Medsos

Penulis: Lanny Latifah
Editor: bunga pradipta p
zoom-in Sejarah dan Tujuan Peringatan Hari Disabilitas Internasional yang Sudah Ada Sejak Tahun 1992
freepik.com
Ilustrasi - Hari Disabilitas Internasional, Simak Sejarah hingga Kumpulan Ucapan Gambar Cocok untuk Update di Medsos 

TRIBUNNEWS.COM - Setiap tanggal 3 Desember diperingati sebagai Hari Disabilitas Internasional.

Tahun ini, Hari Disabilitas Internasional jatuh pada Selasa (3/12/2019)

Hari Disabilitas Internasional merupakan peringatan internasional yang dipromosikan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) sejak tahun 1992.

Peringatan Hari Disabilitas Internasional atau the United Nations International Day of Persons with Disabilites/ UN IDPD didasarkan pada Resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa 47/3 pada tahun 1992.

Hal ini bertujuan untuk mempromosikan hak-hak dan kesejahteraan para penyandang cacat di semua bidang masyarakat dan pembangunan.

Selain itu juga untuk meningkatkan kesadaran akan situasi para penyandang cacar di setiap aspek kehidupan politik, sosial, ekonomi, dan budaya.

Bramudya Nur Alam  (20) adalah salah satu anak berkebutuhan khusus yang sering bepergian menggunakan jasa pesawat terbang. Dia menceritakan kepada pengunjung Bandara Internasional Ahmad Yani tentang sejumlah pengalaman menarik selama bepergian menggunakan pesawat terbang, mulai dari pelayanannya dan kenyamanan di dalam pesawat maupun setiap bandara yang di singgahi. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)
ILustrasi - Bramudya Nur Alam (20) adalah salah satu anak berkebutuhan khusus yang sering bepergian menggunakan jasa pesawat terbang. (Tribun Jateng /Hermawan Handaka)

Dilansir dari laman un.org, tahun ini, Hari Disabilitas Internasional (IDPD) akan mengusung tema 'Mempromosikan partisipasi penyandang cacat dan kepemimpinan mereka: mengambil tindakan pada Agenda pembangunan 2030'.

BERITA TERKAIT

Tema ini akan berfokus pada pemberdayaan penyandang disabilitas untuk pembangunan yang inklusif, adil, dan berkelanjutan seperti yang terdapat dalam Agenda 2030.

Pada 11 Juni 2019, Sekretaris Jenderal Antonio Guterres meluncurkan Strategi Inklusi Disabilitas PBB sejalan dengan komitmennya untuk menjadikan PBB organisasi yang inklusif.

Strategi ini menyediakan landasan untuk kemajuan yang berkelanjutan dan transformatif pada inklusi disabilitas melalui semua pilar PBB.

"Ketika kami mengamankan hak-hak penyandang cacat, kami bergerak lebih dekat untuk mencapai janji utama Agenda 2030 - untuk tidak meninggalkan siapa pun di belakang," ujar Antonio Guterres, Sekretaris Jenderal PBB.

Berikut Tribunnews.com rangkum beberapa ucapan dan gambar untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional, cocok untuk update di medos.

1. Happy World Disability Day!

2. Selamat Hari Disabilitas Sedunia, tetap semangat dan tegar.

World Disability Day
World Disability Day (freepik.com)
Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas