Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kaleidoskop 2019: Kasus-Kasus KPK yang Jadi Sorotan Publik Hingga Gejolak Internal

Lembaga antirasuah di bawah komando Agus Rahardjo diketahui sampai di penghujung 2019 banyak menyedot perhatian publik.

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Kaleidoskop 2019: Kasus-Kasus KPK yang Jadi Sorotan Publik Hingga Gejolak Internal
Tribunnews.com/Hendra Gunawan
Gedung KPK 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Era kepemimpinan komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jilid IV menyimpan banyak cerita.

Lembaga antirasuah di bawah komando Agus Rahardjo diketahui sampai di penghujung 2019 banyak menyedot perhatian publik. Terutamanya kasus-kasus besar yang diusutnya.

Berbagai latar belakang banyak dijerat KPK, dari swasta, kepala daerah, pejabat BUMN sampai menteri. Bahkan, bukan hanya individu, melainkan korporasi tak luput dari radar KPK. Tak hanya itu, ada peristiwa besar yang terjadi di tubuh KPK, di antaranya :

1. Kasus e-KTP

Korupsi yang melenyapkan uang negara sebesar Rp2,3 triliun ini merupakan yang paling banyak disoroti publik.

Bukan cuma karena nilai korupsinya yang besar, namun lebih didominasi aktor-aktornya, dari kalangan pejabat kementerian, pengusaha, BUMN, sampai para petinggi partai politik, ikut terlibat perburuan rente skandal ini.

Dari Lapas Sukamiskin, Setya Novanto akan Pantau Kelanjutan Kasus e-KTP
Dari Lapas Sukamiskin, Setya Novanto akan Pantau Kelanjutan Kasus e-KTP (capture video)
BERITA REKOMENDASI

Terjeratnya mantan Pejabat Kementerian Dalam Negeri, Irman dan Sugiharto mengawali kasus ini. Kemudian ada juga mantan anggota DPR Miryam Haryani, Markus Nari, bahkan bekas Ketua DPR Setya Novanto dan keponakan Novanto, Irvanto Pambudi dan koleganya Andi Narogong serta pengusaha Made Oka Masagung juga telah berhasil dipenjarakan atas kasus ini.

Baca: Ali Mochtar Ngabalin Sebut Dewas Merupakan Jawaban Presiden atas Keraguan Publik

Baca: Kaleidoskop 2019: Bajakah, Kratom, dan Porang Jadi Tanaman yang Banyak Disoroti, Ini Penjelasannya

Baca: Artidjo Alkostar yang Kini Jadi Dewas KPK: Menolak Diajak ke Luar Negeri, Tak Pernah Ambil Cuti

Meski ada salah satu aktor yang meninggal di Amerika, Johannes Marliem, namun perkara ini belum berhenti dikembangkan oleh penyidik KPK sampai saat ini.

2. PLTU Riau-1

Meskipun tidak merugikan keuangan negara, lantaran proyek berbasis investasi, namun kasus suap ini banyak membetot perhatian publik.

Idrus Marham, salah satu menteri di kabinet Jokowi-Jusuf Kalla, bahkan harus rela tidur di balik jeruji besi atas kasus ini.

Terdakwa kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1 Idrus Marham menjalani sidang putusan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2019). Mantan Menteri Sosial tersebut divonis 3 tahun penjara dan denda Rp 150 juta subsider 2 bulan kurungan karena terbukti terlibat kasus suap proyek PLTU Riau-1. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Terdakwa kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1 Idrus Marham menjalani sidang putusan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2019). Mantan Menteri Sosial tersebut divonis 3 tahun penjara dan denda Rp 150 juta subsider 2 bulan kurungan karena terbukti terlibat kasus suap proyek PLTU Riau-1. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Selain Idrus, KPK juga berhasil memenjarakan mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih, dan pengusaha besar Johanes Budisutrisno Kotjo.

Sejatinya KPK juga sempat berhasil menyeret mantan Direktur Utama PLN Sofyan Basir ke rumah tanahan, sebelum akhirnya Mahkamah Agung membebaskan Sofyan Basir pada November 2019 lalu.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas