Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Komisioner KPU Terjaring OTT KPK

DKPP Berhentikan Wahyu Setiawan dari Anggota KPU, Istana: Suratnya Sudah Diterima dan Diproses

"Memerintahkan, Bawaslu untuk mengawasi pelaksanaan putusan ini. Presiden RI untuk melaksanakan putusan ini paling lambat tujuh hari," jelas dia.

DKPP Berhentikan Wahyu Setiawan dari Anggota KPU, Istana: Suratnya Sudah Diterima dan Diproses
TRIBUNNEWS/SENO
Juru bicara Presiden, Fadjroel Rachman 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memutus memberhentikan tetap Wahyu Setiawan dari jabatan Komisioner KPU RI karena terbukti melanggar sumpah jabatan dan kode etik penyelenggara Pemilu.

Hal ini disampaikan dalam sidang agenda pembacaan putusan perkara Nomor 01-PKE-DKPP/I/2020 ini digelar di ruang sidang DKPP, lantai 5, Jalan MH Thamrin Nomor 14, Jakarta Pusat pada Kamis (16/1) siang.

"Memutuskan, mengabulkan pengaduan para pengadu untuk seluruhnya. Menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada Teradu Wahyu Setiawan selaku Anggota KPU RI sejak putusan ini dibacakan," ucap Ketua Majelis DKPP Muhammad.

Baca: Arsul Sani Sebut Berlebihan Pihak yang Mangatakan KPK Mati: Masih Bisa OTT Seminggu Dua Kali Kok

Atas putusan ini, selanjutnya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) diminta untuk mengawasi pelaksanaan putusan tersebut. Serta, Presiden Joko Widodo untuk melaksanakan putusan DKPP ini paling lambat tujuh hari terhitung sejak putusan dibacakan.

"Memerintahkan, Bawaslu untuk mengawasi pelaksanaan putusan ini. Presiden RI untuk melaksanakan putusan ini paling lambat tujuh hari," jelas dia.

Adapun pembacaan putusan itu hanya berlangsung satu hari setelah DKPP menggelar sidang beragenda pemeriksaan terhadap perkara tersebut di Gedung Merah Putih KPK, Rabu (15/1) kemarin.

Sedang diproses

Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman saat dikonfirmasi mengatakan, keputusan DKPP tersebut kini sedang diproses.

"Pemberhentian tetap anggota KPU saudara WS sesuai peraturan perundang-undangan, sedang diproses. Surat dan salinan putusan DKPP sudah diterima Sekretariat Negara," ujarnya saat dikonfirmasi.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Malvyandie Haryadi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas