Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

UPDATE Pemindahan Ibu Kota Baru, Jokowi Tegaskan Pakai Skema Investasi & Kerja Sama, Bukan Pinjaman

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dalam membangun ibu kota baru di Kalimantan Timur nantinya, pemerintah akan menggunakan skema investasi.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Muhammad Renald Shiftanto
zoom-in UPDATE Pemindahan Ibu Kota Baru, Jokowi Tegaskan Pakai Skema Investasi & Kerja Sama, Bukan Pinjaman
Laman Sekretariat Kabinet
Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara soal pemindahan ibu kota negara. Ia mengatakan dalam membangun ibu kota baru di Kalimantan Timur nantinya, pemerintah akan menggunakan skema investasi dan kerja sama, bukan pinjaman. Hal tersebut disampaikan Jokowi saat bertemu dengan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat (17/1/2020). 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara soal pemindahan ibu kota negara.

Ia mengatakan dalam membangun ibu kota baru di Kalimantan Timur nantinya, pemerintah akan menggunakan skema investasi dan kerja sama, bukan pinjaman.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat bertemu dengan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat (17/1/2020).

"Yang kita tawarkan satu: tidak pinjaman. Kedua, tidak ada government guarantee, tidak ada. Jadi semuanya kerja sama," tegasnya sesuai keterangan pers Biro Pers Istana Kepresidenan, Jumat.

Dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, untuk memudahkan Indonesia melakukan berbagai kerja sama, Jokowi telah mengundang tiga tokoh internasional.

Tiga tokoh tersebut ditunjuk sebagai dewan pengarah pembangunan ibu kota negara baru.

Ketiganya dewan pengawas ibu kota negara baru itu adalah:

BERITA TERKAIT

1. Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan.

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Putra Mahkota Abu Dhabi  Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (24/7/2019). Pada kesempatan tersebut, keduanya menyepakati kerja sama di bidang ekonomi dan keumatan yang ditandai dengan pertukaran 9 nota kesepahaman antara kedua negara. TRIBUNNEWS/SETPERS/LAILY RACHEV
Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (24/7/2019). Pada kesempatan tersebut, keduanya menyepakati kerja sama di bidang ekonomi dan keumatan yang ditandai dengan pertukaran 9 nota kesepahaman antara kedua negara. TRIBUNNEWS/SETPERS/LAILY RACHEV (TRIBUN/SETPERS/LAILY RACHEV)

2. CEO SoftBank Masayoshi Son.

Masayoshi Son, Presiden Softbank Group dalam konperensi pers, Rabu (6/11/2019).
Masayoshi Son, Presiden Softbank Group dalam konperensi pers, Rabu (6/11/2019). (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

3. Mantan perdana menteri Inggris Tony Blair.

PERTEMUAAN DENGAN TONY BLAIR - Presiden terpilih Joko Widodo  setelah mengadakan pertemuan tertutup dengan mantan Perdana Menteri (PM) (Dubes) Inggris, Tony Blair di Rumah Dinas Kegubernuran DKI, di Jalan Taman Suropati , Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, (11/9/2014). Pembicaraan mereka   membahas seputar  pemerintahan  dan ISIS. Warta Kota/henry lopulalan
PERTEMUAAN DENGAN TONY BLAIR - Presiden terpilih Joko Widodo setelah mengadakan pertemuan tertutup dengan mantan Perdana Menteri (PM) (Dubes) Inggris, Tony Blair di Rumah Dinas Kegubernuran DKI, di Jalan Taman Suropati , Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, (11/9/2014). Pembicaraan mereka membahas seputar pemerintahan dan ISIS. Warta Kota/henry lopulalan (/henry lopulalan)

Jokowi menyebut dewan pengarah tersebut merupakan figur-figur yang memiliki reputasi baik di dunia internasional.

"Karena saya melihat beliau-beliau ini, Syekh Mohamad Bin Zayed Al Nahyan, Masayoshi Son, kemudian Tony Blair, ini adalah person-person yang memiliki reputasi yang baik di dunia internasional," terang Jokowi.

"Nantinya memang kitalah yang menyelesaikan operasional persoalan-persoalan yang ada di lapangan," jelasnya.

Selain itu, pemilihan tokoh-tokoh tersebut juga diharapkan bisa membangun kepercayaan dari dunia internasional.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas