Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Lepas Dari Abu Sayyaf, Muhammad Farhan Diserahkan Kepada Keluarga

Menteri Retno juga berterima kasih kepada pihak otoritas Filipina yang ikut membantu dalam pembebasan Farhan

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in Lepas Dari Abu Sayyaf, Muhammad Farhan Diserahkan Kepada Keluarga
Tribunnews.com/Larasati Dyah Utami
Kemlu RI lewat Menlu Retno Marsudi secara simbolis menyerahkan Muhammad Farhan, sandera Abu Sayyaf pada keluarga, di kantor Kemlu, Jakarta, Kamis (23/1/2020) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) lewat Menlu Retno Marsudi secara simbolis menyerahkan satu orang sandera yang berhasil dibebaskan dari kelompok Abu Sayyaf, di kantor Kemlu, Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Satu orang sandera tersebut atas nama Muhammad Farhan, satu dari tiga WNI yang diculik di perairan Tambisan, Lahad Datu, Malaysia, pada (23/1/2019) yang lalu.

Baca: ‎Kecam Aksi Abu Sayyaf, Politikus PDIP Minta Pemerintah Desak Filipina-Malaysia Jalankan Kesepakatan

"Farhan adalah satu dari tiga sandera yang dua di antaranya termasuk bapak Farhan. sudah dapat dibebaskan terlebih dahulu, baik kerjasama internal di antara kita maupun kerjasama otoritas Filipina, maka saudara Farhan dapat juga dibebaskan dengan selamat," ujar Menlu dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu, Menteri Retno juga berterima kasih kepada pihak otoritas Filipina yang ikut membantu dalam pembebasan Farhan.

Pemerintah Indonesia menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang baik dari Pemerintah Filipina, termasuk Divisi 11 AFP di Sulu, dalam upaya pembebasan para sandera WNI.

Sebelumnya, otoritas Filipina juga telah membebaskan dua sandera atas nama Maharudin dan Samiun telah dibebaskan pada tanggal (22/12/2019) dan diserahkan langsung oleh Menlu RI kepada keluarga pada (26/12/2019).

BERITA REKOMENDASI

Penyerahan Muhammad Farhan kepada pihak keluarga berlangsung haru.

Kedua orangtua Farhan, termaksud bapaknya, Maharudin Lunani yang juga sempat menjadi sandera Abu Sayyaf nampak tidak kuasa menahan tangis.

Pihak keluarga yang diwakili kakak dari Muhammad Farhan, yaitu Sri Wahyuni menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah Indonesia, termasuk Kemlu, serta pemerintah Filipina atas pembebasan Farhan.

Akan tetapi, pembebasan Muhammad Farhan bukan akhir dari drama penyanderaan yang dilakukan kelompok Abu Sayyaf.

Baca: Kemlu Pastikan Kelompok Abu Sayyaf di Balik Penculikan 5 Nelayan Indonesia

Sekiranya ada 5 orang nelayan WNI lagi yang kembali menjadi korban penculikan kelompok Abu Sayyaf di perairan Tambisan, Lahad Datu, Malaysia, (16/1/2020)

Saat ini pemerintah Indonesia bekerjasama dengan pemerintah Filipina tengah kembali berupaya membebaskan 5 sandera tersebut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas