Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Nihil Virus Corona, WHO Malah Khawatirkan Indonesia, Ini Tanggapan Kemenkes

WHO juga termasuk yang khawatir tentang kondisi Indonesia yang masih nihil wabah virus yang berasal dari Wuhan, China itu.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Nihil Virus Corona, WHO Malah Khawatirkan Indonesia, Ini Tanggapan Kemenkes
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Siswa SMP 002 Bunguran Timur mengikuti sosialisasi mengenai virus corona di halaman sekolahnya di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Sabtu (8/2/2020). Palang Merah Indonesia melakukan sosialisasi mengenai virus corona serta edukasi perilaku hidup bersih dan sehat untuk memberikan pemahaman bagi siswa mengenai virus corona yang saat ini sedang merebak di China. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Status Indonesia yang masih negatif dari virus corona justru menimbulkan sejumlah pertanyaan.

World Helath Organization (WHO) juga termasuk yang khawatir tentang kondisi Indonesia yang masih nihil wabah virus yang berasal dari Wuhan, China itu.

“Kami (WHO) prihatin Indonesia belum melaporkan satu kasus yang dikonfirmasi,” ucap Dr Navaratnasamy, perwakilan WHO di Indonesia, seperti yang dikutip dari Sydney Morning Herald.

Menanggapi hal tersebut Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Achmad Yurianto menuturkan Indonesia terus memeriksa terkait virus tersebut di Indonesia.

“Jangan kecewa kalau kita gak ada. Ini kan sedang meneliti karena ini virus baru yang sedang kita teliti,” tutur Yuri di Kementerian Kesehatan, Senin (10/2/2020).

Baca: Kondisi Kesehatan Tiga WNI di Wuhan yang Tak Lolos Screening Virus Corona

Baca: Empat Penumpang Lion Air Jakarta-Banjarmasin Negatif Virus Corona

Baca: Siaga Virus Corona, KBRI Tokyo Terus Pantau Kondisi Kesehatan 78 WNI di Kapal Diamond Princess

Kementerian Kesehatan pun terus memberikan laporan terkait kondisi keadaan novel corona virus di Indonesia ke WHO.

BERITA TERKAIT

Yuri menjelaskan sesuai prosedur WHO, setiap hasil pemeriksaan dugaan novel corona virus di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) walaupun hasilnya negatif laporannya tetap harus di kirimkan ke WHO.

“Seluruh pemeriksaan dari yang pertama sampai yang terakhir semuanya kita laporkan ke WHO,” ucap Yuri.

Hasil laporan yang dikirimkan tersebut kemudian akan diverifikasi lebih lanjut oleh pihak WHO untuk menilai kinerja dari lab di Indonesia.

“Semua spesimen yang kita periksa, ini nanti akan dilakukan verifikasi oleh WHO untuk melihat akreditasi validitas pemeriksaan oleh lab kita,” kata Yuri.

Dari hasil pelaporan seluruh spesimen dugaan novel corona virus di Indonesia pun dinyatakan tidak ada masalah oleh WHO.

“Alhamdulilah sampai sekarang masih tidak ada masalah. who juga mengatakan apa yang kita lakukan sudah benar,” ungkap Yuri.

Sementara itu menurut data Kementerian Kesehatan, hingga Minggu (9/2/2020) ada 62 spesimen yang diperiksa Balitbangkes, 59 dinyatakan negatif dan tiga masih dalam tahap pemeriksaan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas