Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Zulkifli Hasan Terpilih Lagi Jadi Ketua Umum, Arah Politik PAN Diprediksi Berubah

Zulkifli Hasan terpilih menjadi Ketua Umum Partai Amanat Nasional periode 2020-2025 berdasarkan pemilihan dalam Kongres V PAN pada Selasa (11/2/2020).

Penulis: Widyadewi Metta Adya Irani
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Zulkifli Hasan Terpilih Lagi Jadi Ketua Umum, Arah Politik PAN Diprediksi Berubah
TRIBUNNEWS.COM/IST
Zulkifli Hasan terpilih menjadi Ketua Umum Partai Amanat Nasional periode 2020-2025 berdasarkan pemilihan dalam Kongres V PAN pada Selasa (11/2/2020). TRIBUNNEWS.COM/IST 

TRIBUNNEWS.COM - Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2/2020).

Dalam kongres kali ini, Zulkifli Hasan terpilih menjadi Ketua Umum Partai Amanat Nasional periode 2020-2025.

Dikutip dari Kompas.com, Zulkifli mendapat suara yang unggul dari dua calon lainnya yaitu Mulfachri Harahap dan Drajad Wibowo.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan memberikan sambutan di Kongres V PAN, Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (10/2/2020).
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan memberikan sambutan di Kongres V PAN, Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (10/2/2020). (Dennis Destryawan)

Seperti yang diketahui, Zulkifli bukanlah nama yang mendapat dukungan dari Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais.

Amien Rais diketahui mendukung Mulfachri untuk menduduki kursi nomor satu di partai ini.

"Dukungan Pak Amien kepada saya itu dukungan yang sifatnya sangat rasional. Jadi Pak Amien tidak ujug-ujug mendukung saya," kata Mulfachri, seperti yang diberitakan Kompas.com, Sabtu (8/2/2020).

Melihat hal itu, Analis Politik Sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menyebutkan jika yang terpilih bukan Mulfachri maka terdapat kemungkinan partai politik ini akan berubah haluan.

BERITA TERKAIT

"Kalau nanti yang terpilih bukan Mulfachri, yang dikabarkan mendapat restu dan dukungan Amien Rais, bukan tidak mungkin arah politik PAN akan ada perubahan haluan," kata Pangi pada Tribunnews.com, Selasa (11/2/2020) sore.

Analis Politik Sekaligus Pangi Syarwi Chaniago, mengatakan Kongres PAN yang akan segera diselenggarakan tersebut akan menjadi ujian konsistensi bagi partai dan seluruh kadernya.
Pangi menilai, sebagai anak kandung reformasi, PAN memiliki beban moral untuk terus memperjuangkan nilai dan etika serta agenda reformasi.
Analis Politik Sekaligus Pangi Syarwi Chaniago, mengatakan Kongres PAN yang akan segera diselenggarakan tersebut akan menjadi ujian konsistensi bagi partai dan seluruh kadernya. Pangi menilai, sebagai anak kandung reformasi, PAN memiliki beban moral untuk terus memperjuangkan nilai dan etika serta agenda reformasi. (Pangi Syarwi Chaniago)

Pangi menyampaikan, terdapat dua tesis mengenai penetapan Ketua Umum PAN.

Tesis pertama, yaitu siapapun yang menjadi Ketua Umum PAN maka partai tersebut akan tetap berada pada trayek oposisi.

Sementara itu, Pangi menyebutkan, tesis kedua adalah jika Zulkifli yang terpilih maka PAN akan ditarik dalam pemerintahan.

"Upaya istana untuk menarik PAN ke istana tentu masih terasa aroma amis itu, namun kalau masih Mulfachri yang terpilih menjadi ketua umum PAN, maka partai tersebut kemungkinan masih sulit di tarik tarik ke koalisi pemerintah, masih konsisten di jalan trayek oposisi," jelas Pangi.

"Mulfachri sendiri masih sulit melepaskan diri dari bayang-bayang Amien Rais," tambahnya.

Dalam Kongres V PAN, Zulkifli memperoleh 331 suara.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas