Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Fatwa MUI Tentang Meniadakan Salat di Masjid Demi Mencegah Penyebaran Penyakit Tidak Bisa Ditunda

Wasekjen DPP PPP Achmad Baidowi menilai terbitnya fatwa MUI yang meniadakan salat berjamaah di masjid untuk cegah virus corona harus dimaknai darurat.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Fatwa MUI Tentang Meniadakan Salat di Masjid Demi Mencegah Penyebaran Penyakit Tidak Bisa Ditunda
mui.or.id
Ini 9 Fatwa MUI tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Terjadi Wabah COVID-19 (mui.or.id) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wasekjen DPP PPP Achmad Baidowi menilai terbitnya fatwa MUI yang meniadakan salat berjamaah di masjid untuk daerah yang terkena virus corona harus dimaknai dalam konteks kedaruratan.

Pria yang akrab disapa Awiek itu mengatakan hal tersebut diiperbolehkan dalam Islam

"Bahwa ada kaidah ushul fiqh dar'ul mafasid muqaddamu 'ala jalbil masholih yang artinya mencegah kemudaratan diutamakan dibanding mengambil manfaat dari sesuatu. Imbauan MUI itu lebih mengutamakan mencegah perluasan penyebaran covid-19 dibanding mengambil manfaat silaturahmi atau berkumpul," kata Awiek kepada wartawan, Kamis (19/3/2020).

"Karena mencegah penyebaran penyakit tidak bisa ditunda, sementara untuk salat berjamaah masih bisa dilakukan di rumah, memakmurkan masjid masih bisa dilakukan saat situasi sudah kondusif," imbuhnya.

Sekretaris Fraksi PPP DPR RI ini mengatakan imbauan menghindari tempat ibadah secara bersama-sama dalam waktu sementara tidak hanya dilakukan umat Islam Indonesia.

Arab Saudi pun bahkan menutup umrah, menghindari salat berjamaah.

BERITA REKOMENDASI

"Tidak hanya Islam, tapi juga umat agama lain. Bahkan ibadah di Vatikan, d Betlehem, di gereja-gereja juga ditutup. Prinsip pencegahan itu juga harus diresapi secara rasional bukan emosional," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas