Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pimpinan DPR Dukung Realokasi Anggaran untuk Penanggulangan Virus Corona

Puan Maharani mengatakan anggaran tersebut harus dimanfaatkan untuk pengadaan alat dan fasilitas tes cepat corona secara gratis.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Pimpinan DPR Dukung Realokasi Anggaran untuk Penanggulangan Virus Corona
SCMP/Xinhua
Dokter merawat pasien virus corona. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mendukung langkah pemerintah merealokasikan anggaran negara di APBN 2020 untuk kepentingan penanggulangan virus corona atau covid 19.

Ketua DPR Puan Maharani mengatakan anggaran tersebut harus dimanfaatkan untuk pengadaan alat dan fasilitas tes cepat corona secara gratis.

"Kemudian penambahan alat perlindungan diri bagi tenaga kesehatan, penambahan fasilitas rumah sakit, pengobatan pasien corona gratis, serta upaya menangkal penyebaran virus corona," kata Puan dalam keterangannya, Jakarta, Senin (23/3/2020).

Baca: KPU Diminta Segera Tetapkan Sejumlah Skenario untuk Pilkada 2020

Terkait dampak ekonomi, kata Puan, pemerintah dapat memprioritaskan untuk penguatan data beli masyarakat yang terdampak wabah corona.

"Terutama bagi mereka yang kehilangan pendapatan akibat kebijakan social distancing, serta pemberian insentif bagi tenaga kesehatan yang terlibat dalam penanganan wabah corona," ucap Puan.

Menurutnya, pemerintah juga harus mengantisipasi melonjaknya angka inflasi, di mana setiap kementerian dan lembaga perlu berkoordinasi dalam meningkatkan stok pangan.

BERITA REKOMENDASI

"Untuk rupiah, pemerintah bersama Bank Indonesia agar terus berkoordinasi meredam pelemahan rupiah. Selain kebijakan moneter, langkah yang terukur dan kredibel penanganan corona dapat memperkuat kepercayaan pasar," tutur Puan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas