Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Muncul Usulan agar Layanan KRL Disetop Selama PSBB, Apa Tanggapan Kemenhub?

Kementerian Perhubungan mengungkapkan belum ada keputusan terkait usulan penutupan operasional kereta rel listrik (KRL) di zona PSBB.

Muncul Usulan agar Layanan KRL Disetop Selama PSBB, Apa Tanggapan Kemenhub?
Tribunnews/JEPRIMA
Kementerian Perhubungan mengungkapkan belum ada keputusan terkait usulan penutupan operasional kereta rel listrik (KRL) di zona PSBB. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan belum ada keputusan terkait usulan penutupan operasional kereta rel listrik (KRL) di zona Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Hal ini dikarenakan usulan tersebut masih dalam pembahasan bersama stakeholder terkait.

Pernyataan ini disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati yang dikutip dari YouTube Kompas TV, Jumat (17/4/2020).

Baca: KRL Setop Operasi Tunggu Keputusan Pemerintah

"Terkait dengan permintaan pemerintah daerah untuk menghentikan operasional KRL, perlu kami sampaikan bahwa saat ini Kementerian Perhubungan tengah melakukan pembahasan dengan stakeholder terkait," ujarnya.

Adapun stakeholder yang dimaksud yakni operator KRL, dan juga pemerintah daerah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Kemenhub menjelaskan mengacu dengan peraturan yang ada, dalam PSBB pengendalian transportasi ditekankan pada sisi pembatasan, bukan pemberhentian operasional secara total.

Staf Khusus Kementerian Perhubungan Adita Irawati di Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Jakarta, Rabu (12/2/2020).
Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati (Tribunnews.com/ Fransiskus Adhiyuda)

Mengingat pemberhentian ini justru akan menimbulkan masalah baru nantinya.

"Perlu kami sampaikan bahwa sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 21 Tahun 2020, Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No 9 Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No 18 Tahun 2020 pada PSBB yang dilakukan adalah pengendalian transportasi untuk mencegah pernyebaran Covid-19," ungkapnya

"Pengendaliannya adalah dengan melakukan pembatasan dan bukannya melakukan penghentian ataupun penutupan secara total," tegas Adita.

Senada dengan Aditia, Manager External PT KCI, Adli Hakim, menyebutkan mengenai penghentian operasional KRL masih dalam pembasan dengan pemerintah.

Halaman
1234
Penulis: Isnaya Helmi Rahma
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas