Tribun

Virus Corona

Memanfaatkan Geoportal untuk Menghadirkan Berbagai Informasi Valid Terkait Covid-19

Pemanfaatan teknologi geospasial memang sangat tepat untuk digunakan pada situasi darurat seperti sekarang ini

Editor: Eko Sutriyanto
Memanfaatkan Geoportal untuk Menghadirkan Berbagai Informasi Valid Terkait Covid-19
Freepik
ilustrasi virus corona 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Saat menyaksikan siaran televisi mengenai  berita terbaru kasus virus corona (covid-19),  baik di Indonesia maupun dunia, misalnya tentang jumlah pasien yang terinfeksi maupun yang meninggal tentunya membuat kita bertanya bagaimana cara mengumpulkan data secara realtime dan cepat.

Mungkin yang kita pahami, BNPB mengumpulkan, menghitung jumlah lalu diinformasikan kepada publik oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Achmad Yurianto.

Mengumpulkan data-data seluruh Indonesia apalagi dilaporkan secara real time  tentunya bukan pekerjaan yang mudah sehingga tidak mungkin dilakukan secara secara manual.

Ini baru levelnya nasional, bagaimana kalau yang dikumpulkan data-data dari seluruh dunia seperti yang dilakukan Universitas John Hopkins dan WHO dan digunakan sebagai rujukan seluruh dunia?

Padahal ketersediaan data dan informasi dari pihak yang berwenang untuk seluruh otoritas lokal dan masyarakat sangat penting dalam merencanakan tindakan pencegahan demi mencegah penularan virus sehingga diperlukan data yang akurat.

Baca: VIRAL Seorang Laki-laki Duduk di Trotoar Cari Pekerjaan Kena Dampak Corona: Bingung Harus ke Mana

Baca: Menengok Batik Toeli Laweyan Solo, Usaha Batik dengan Pekerja Tuna Rungu yang Produksi Masker Batik

Untuk di Indonesia, tidak banyak yang tahu, ribuan data atau informasi yang diperoleh itu sebenarnya diolah dari data-data yang akurat yaitu sebuah Geoportal yang diibuat oleh Pusat Dukungan Darurat Geospasial (ESSC) yang dibuat oleh Esri Indonesia.

Pusat Dukungan ini sebelumnya telah memberikan upaya tanggap darurat dan upaya bantuan dengan teknologi dan keahlian geospasial jika terjadi keadaan darurat nasional, termasuk gempa Palu-Donggala, tsunami, letusan Gunung Agung pada 2017 dan banjir Jakarta baru-baru ini.

Geoportal COVID-19 ditujukan untuk membantu pemerintah daerah dan masyarakat dalam mengambil tindakan pencegahan terhadap penyebaran virus di negara ini.

Pemanfaatan teknologi geospasial memang sangat tepat untuk digunakan pada situasi darurat seperti sekarang ini.

Setelah data dikumpulkan dan diolah oleh maka setelah jadi dibuat format melalui aplikasi GIS (Sistem Informasi Geospasial) yang saji.

Baca: Amalan Bulan Ramadhan 2020/1441 H di Tengah Wabah Covid-19, Ibadah Salat 5 Waktu hingga Bersedekah

Baca: Jalani Ramadan di Kampung Halaman, Sprinter Zohri Bisa Nikmati Gulai Ayam Kesukaannya

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas