Tribun

Jawaban Soal TVRI SMP - Bagaimana Cara Mengajarkan Keterampilan Batik pada Teman? Senin 4 Mei 2020

Jawaban soal bagaimana cara kamu mengajarkan keterampilan batik kepada temanmu agar menjadi keterampilan yang diminati? Simak di sini!

Editor: bunga pradipta p
zoom-in Jawaban Soal TVRI SMP - Bagaimana Cara Mengajarkan Keterampilan Batik pada Teman? Senin 4 Mei 2020
Tangkapan layar YouTube Budaya Saya
Jawaban soal bagaimana cara kamu mengajarkan keterampilan batik kepada temanmu agar menjadi keterampilan yang diminati? Simak di sini! 

TRIBUNNEWS.COM- Program Belajar dari Rumah memasuki pekan keempat, Senin (4/5/2020)

Program ini digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tujuannya sebagai alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah karena terdampak masa pandemi Covid-19.

Khususnya antara orang tua/wali dengan anak, melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif.

Materi untuk SMP yang tayang pukul 09.30 - 10.00 WIB membahas materi Kain Batik

Baca: LINK Live Streaming TVRI Belajar dari Rumah Senin 4 Mei 2020, Jenjang SMP akan Mengenal Kain Batik

Baca: Jawaban Soal Sahabat Pelangi: Juara Sejati, Belajar dari Rumah SD Kelas 1-3 di TVRI Senin 4 Mei

Berikut Tribunnews.com akan membahas soal dan jawabannya:

Soal:

1. Kini batik dapat kita jumpai di luar provinsi Jawa. Menurut pendapatmu, apakah filosofi batik di luar Jawa sama dengan batik yang berasal dari Jawa?

2. Terdapat dua corak batik yang dipakai keluarga kerajaan, yaitu Parang dan Truntum. Menurutmu, bagaimana perbedaan falsafah kedua corak batik tersebut?

3. Jika kamu diwariskan keterampilan membatik, bagaimana cara kamu mengajarkan keterampilan batik kepada temanmu agar menjadi keterampilan yang diminati?

Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Klas 2A Banyuwangi menunjukkan kepiawaian membatik saat gelaran fashion show busana batik oleh 180 pegawai Kemenkumham Jatim, di halaman Kantor Kemenkumham Jatim, Kota Surabaya, Jawa Timur, Selasa (29/10/2019). Gelaran fashion show tersebut merupakan rangkaian acara Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) 2019. Surya/Ahmad Zaimul Haq
Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Klas 2A Banyuwangi menunjukkan kepiawaian membatik saat gelaran fashion show busana batik oleh 180 pegawai Kemenkumham Jatim, di halaman Kantor Kemenkumham Jatim, Kota Surabaya, Jawa Timur, Selasa (29/10/2019). Gelaran fashion show tersebut merupakan rangkaian acara Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) 2019. Surya/Ahmad Zaimul Haq (Surya/Ahmad Zaimul Haq)

Jawaban:

1. Filosofi Batik di luar Pulau Jawa sangat berbeda dengan Batik yang berasal dari Jawa, hal ini disebabkan karena adanya perbedaan struktur sosial dan wilayah, perbedaan tingkat kemakmuran, perbedaan sumber daya alam yang dimiliki di daerah tersebut, serta perbedaan sejarah asal usul daerah tersebut.

2. Perbedaan falsafah atau makna dari batik Parang dan Truntum adalah :

Motif Batik Parang memiliki kandungan makna yang tinggi.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas