Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pertamina: Kapal Tanker MT Jag Leela Tidak Sedang Terisi Muatan

Kapal MT Jag Leela sedang melakukan perawatan atau docking di galangan kapal milik PT. Waruna Sentana Shipyard Belawan sejak tanggal 11 April 2020.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Pertamina: Kapal Tanker MT Jag Leela Tidak Sedang Terisi Muatan
TRIBUN MEDAN/Riski Cahyadi
Petugas berusaha memadamkan Kapal Tanker MT JAG LEELA yang terbakar di Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara, Senin (11/5/2020). Peristiwa tersebut menyebabkan 1 orang tewas dan 22 orang lainnya luka-luka. TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman memastikan kapal tanker MT Jag Leela yang terbakar di galangan PT Waruna Nusa Sentana Shipyard Belawan - Medan tidak sedang terisi muatan.

“Tidak, itu kan sedang docking (perawatan kapal), jadi tidak sedang on hire,” kata Fajriyah kepada Tribunnews.com, Senin (11/5/2020).

Menurut Fajriyah, peristiwa yang di alami satu di antara anak usaha Pertamina itu saat ini ditangani pihak-pihak terkait.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan Dinas Pemadaman Kebakaran serta instansi lain berhasil memadamkan kebakaran Kapal MT Jag Leela.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Ahmad, menyatakan Ditjen Perhubungan Laut telah menurunkan person dari Kantor Kesyahbandaran, Kantor Otoritas Pelabuhan dan Kantor Distrik Navigasi Belawan untuk membantu proses pemadaman.

Baca: Menlu Retno Marsudi Mengutuk Ekploitasi ABK WNI di Kapal Ikan China dan Janji Usut hingga Tuntas

Ahmad mengungkapkan Kapal MT Jag Leela sedang melakukan perawatan atau docking di galangan kapal milik PT. Waruna Sentana Shipyard Belawan sejak tanggal 11 April 2020.

BERITA TERKAIT

“Menurut laporan yang kami dapatkan, api mulai dapat dipadamkan pada pukul 14.00 WIB, namun demikian asap masih pekat dan masih dalam proses pendinginan, sehingga evakuasi lebih lanjut belum dapat dilakukan,” jelas Ahmad.

Selanjutnya, Ahmad menyatakan bahwa tidak ada korban jiwa akibat dari musibah kebakaran ini.

Namun demikian, ada 22 (dua puluh dua) yang mengalami luka bakar dan gangguan pernapasan yang sudah mendapatkan penanganan dari pihak rumah sakit.

“Dari 22 orang tersebut, 15 di antaranya sudah diperkenankan pulang, sedangkan 7 orang lainnya masih mendapatkan perawatan di rumah sakit PHC dan Rumah Sakit Komang Makes Belawan,” ujar Ahmad.

Baca: 12 Pekerja Kapal yang Terluka Dirawat di RS

Ahmad mengungkapkan penyebab kebakaran berdasarkan informasi yang diterima dari pihak galangan adalah karena percikan api yang berasal dari korsleting listrik penerangan di dalam tanki Center Oil Tank (COT) 6 kiri.

“Investigasi lebih lanjut dan penyelidikan secara detail mengenai sumber terjadinya kebakaran akan dilakukan setelah asap dan kondisi kapal dalam keadaan baik dan aman,” tutupnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas