Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menristek Ingin Robot RAISA Diperbanyak untuk Lindungi Tenaga Medis Tertular Covid-19

Bambang mengungkap tenaga medis sangat berisiko terpapar atau tertular Covid-19 karena berinteraksi langsung dengan pasien setiap harinya.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Menristek Ingin Robot RAISA Diperbanyak untuk Lindungi Tenaga Medis Tertular Covid-19
DOK. BNPB
Menristek/BRIN Bambang Brodjonegoro 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan Universitas Airlangga (UnAir) berkolaborasi dan membuat robot RAISA (Robot Medical Assistant ITS-UnAir).

Robot RAISA merupakan robot yang mampu memberikan pelayanan kepada pasien yang sedang diisolasi seperti mengantar makanan, pakaian, maupun obat-obatan.

Terkini, robot tersebut memiliki berbagai fitur seperti camera resolusi tinggi 360 derajat, sensor suhu, kadar oksigen, denyut jantung dan infus, yang dapat dipergunakan pada dua ruang rumah sakit yaitu Intensive Care Unit (ICU) dan High Care Unit (HCU).

Terkait hal itu, Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro mendukung agar robot RAISA tersebut diperbanyak untuk melindungi tenaga medis dari risiko tertular Covid-19.

"Robot RAISA adalah produk yang sudah ada dalam list Kemenristek dan diharapkan dapat diperbanyak. Kita mendukung penuh upaya pengembangan ini dan tentunya harus ada pemakaian yang lebih banyak lagi di berbagai rumah sakit," ujar Bambang, dalam webinar 'Melindungi Tenaga Kesehatan dari Risiko Penularan Covid-19 dengan Robot RAISA' secara daring, Kamis (14/5/2020).

Bambang mengungkap tenaga medis sangat berisiko terpapar atau tertular Covid-19 karena berinteraksi langsung dengan pasien setiap harinya.

Oleh karenanya, ITS-UnAir mengembangkan robot RAISA dalam waktu singkat agar mampu memberikan keamanan dan kenyamanan tenaga medis. Bahkan, kata Bambang, fitur tambahan juga dikembangkan oleh mereka untuk mempermudah kinerja tenaga medis.

BERITA REKOMENDASI

"Saya yakin teman-teman ITS-UnAir mempercepat dan memperbanyak fiturnya agar tenaga medis bisa mengurangi interaksi tanpa mengurangi kualitas kepada pasien," jelasnya.

"Mereka tidak sekedar mengembangkan teknologi robot, tapi dibuat semakin canggih dengan tambahan fitur yang tidak hanya melayani kebutuhan dasar pasien. Namun juga sudah masuk kepada ranah maupun pemeriksaan medis yang berlangsung juga dengan robot tersebut," imbuh Bambang.

Lebih lanjut, Bambang berharap kerjasama antar universitas yang terjalin seperti ITS dan UnAir dalam mengembangkan robot RAISA dapat dijadikan acuan bagi yang lain. Tidak sekedar kerjasama antar universitas, namun kerjasama antar bidang.

"Karena saya tahu ITS lebih banyak di bidang engineering, sementara UnAir di bidang kesehatan atau kedokterannya. Dan inilah bentuk kerjasama di bidang riset dan inovasi yang sangat saya harapkan bisa terjadi dimanapun di Indonesia," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas