Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pengembangan Kawasan Industri Brebes Dipercepat untuk Tampung Relokasi Pabrik AS

Kawasan Industri Brebes ditargetkan menjadi core-industry untuk sektor industri tekstil dan produk tekstil, industri kulit dan alas kaki

Pengembangan Kawasan Industri Brebes Dipercepat untuk Tampung Relokasi Pabrik AS
Istimewa
Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita meninjau pabrik garmen PT Daehan Global di Brebes, Jumat (29/5/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Isu relokasi manufaktur Amerika Serikat (AS) dan Jepang dari China ditanggapi serius oleh pemerintah Indonesia.

Kementerian Perindustrian mendorong pengembangan Kawasan Industri (KI) Brebes sebagai upaya untuk mendongkrak pembangunan Jawa Tengah serta memacu pertumbuhan ekonomi nasional.

Selain itu, Kawasan Industri Brebes digadang menjadi area relokasi sejumlah perusahaan Amerika Serikat (AS) dari China sebagai dampak perang dagang AS-China yang semakin alot.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan kunjungan ini dalam rangka melihat kesiapan KI Brebes.

"Kalau kita tidak bisa pergunakan atau tangkap, sangat sayang sekali. Rencananya ada relokasi perusahaan industri dari Jepang dan AS yang akan keluar dari China," tutur Agus ketika meninjau langsung KI Brebes, Jumat (29/5/2020).

Baca: Tertangkap Mencuri Ratusan Sandal, Pelaku Beralasan untuk Dipakai Berhubungan Seks

Kawasan Industri Brebes ditargetkan menjadi core-industry untuk sektor industri tekstil dan produk tekstil, industri kulit dan alas kaki, industri makanan dan minuman, industri mebel serta industri farmasi dan alat kesehatan.

"Khusus untuk sektor farmasi, kebutuhan yang disampaikan oleh industri itu yang akan relokasi dari China kepada kami adalah mereka ingin mengembangkan di pulau Jawa, sehingga Brebes menjadi tujuan yang memang sangat masuk akal untuk mengarahkan mereka ke sini," ungkap Menperin.

Percepatan pengembangan KI Brebes diawali dari hasil rapat terbatas dengan Presiden mengenai Percepatan Pembangunan Jawa Tengah pada Juli 2019, yang menyebutkan bahwa terdapat tiga proyek Quick Wins untuk mendongkrak pembangunan Jawa Tengah, diantaranya KI Brebes.

Hal ini pula yang menjadi dasar terbitnya Peraturan Presiden Nomor 79 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Jawa Tengah, yang menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 7 persen.

Halaman
12
Penulis: Lita febriani
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas