Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Masukan Anggota DPR Untuk Gugus Tugas Covid-19: Coba Gunakan Bahasa Daerah Saat Beri Informasi

Anggota DPR Marwan Jafar pun menyarankan tim Gugus Tugas Covid-19 memiliki terobosan-terobosan yang bisa menangani pandemi Covid-19.

Editor: Willem Jonata
zoom-in Masukan Anggota DPR Untuk Gugus Tugas Covid-19: Coba Gunakan Bahasa Daerah Saat Beri Informasi
ISTIMEWA
Politisi PKB Marwan Jafar 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Willy Widianto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kinerja Gugus Tugas covid-19 terus menjadi sorotan.

Anggota DPR Marwan Jafar pun menyarankan tim Gugus Tugas Covid-19 memiliki terobosan-terobosan yang bisa menangani pandemi Covid-19.

"Jangan imbauannya soal mengenakan masker dan cuci tangan terus. Lalu memberikan imbauan dalam bahasa asing physical distancing, social distancing yang belum tentu semua orang mengerti. Coba sesekali gunakan bahasa daerah, misal di Jawa Tengah di Jawa Timur pakai bahasa Jawa dan lain-lain agar messagenya sampai, "kata Marwan saat berbincang dengan Tribun, Jumat(12/6/2020) malam.

Marwan juga mencontohkan soal adanya instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pengetesan Covid-19 sebanyak 20.000 tes per hari dengan metode polymerase chain reaction (PCR) hal itu agar kasus semakin terbuka.

Baca: Hadapi New Normal, Gugus Tugas Nilai Sekolah Jarak Jauh Masih Jadi Opsi Terbaik

“Memang waktu itu sempat landai tapi itu karena enggak ada alat testnya(PCR) Pembantu-pembantunya masih biasa-biasa saja, belum ada terobosan yang efektif dan belum ada gagasan yang mujarab,” kata Marwan.

Seharusnya, kata dia, sebagai pembantu presiden, kementerian, lembaga dan tim gugus tugas Covid-19 peka terhadap instruksi orang nomor satu di negeri ini dalam menangani virus Corona.

BERITA TERKAIT

Presiden Jokowi mengintruksikan tes Covid-19 dilakukan sebanyak 20.000 per hari untuk membuka peta penyebaran virus itu di daerah-daerah mana saja.

“Tapi penting harus dilakukan untuk mengukur akurasi dan presisi data, termasuk penentuan zona merah, kuning dan hijau secara lebih valid dan dapat dipertanggungjawabkan, bukan asumsi dan estimasi,” katanya.

Politikus PKB ini juga berharap, para pembantu presiden itu untuk memberikan laporan yang benar.

“Valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Bukan laporan yang meragukan dan diragukan banyak pihak. Baik dalam maupun luar negeri,” ujarnya.

Selain itu, masih kata mantan Menteri Desa dan PDTT ini juga menyinggung terpilihnya Dokter Reisa Broto Asmoro menjadi Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19.

Kata dia, tim komunikasi termasuk Jubir Pemerintah Khusus untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, ini harus paham pandemi Covid-19 serta mampu memberikan edukasi terhadap masyarakat dalam menangkal penyebaran virus Corona di Indonesia.

“Butuh jubir-jubir yang handal. Pembantu-pembantu yang mumpuni, cepat dan tangkas dan punya komitmen,” kata Marwan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas