Tribun

Survei Indikator Politik: Tingkat Kepuasan Publik kepada TNI-Polri Berada di Atas KPK

Terbukti masyarakat menilai keduanya dianggap kompak dan mampu menjaga keamanan dengan angka sebesar 81 persen

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in Survei Indikator Politik: Tingkat Kepuasan Publik kepada TNI-Polri Berada di Atas KPK
Ilustrasi Grafis/Tribun-Video.com
Ilustrasi Polisi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Survei Indikator Politik memaparkan hasil survei terkait kepuasan publik terhadap kepolisian di masa pandemi virus corona atau Covid-19.

Salah satunya terkait kinerja kepolisian dalam membantu pelaksanaan penanganan pandemi Covid-19 yang dianggap publik memuaskan dengan angka mencapai 82,6 persen.

Baca: 2 Polisi Diduga Dianiaya Anggota DPRD Sumur, 8 Orang Telah jadi Tersangka, Ada 7 Pria dan 1 Wanita

"Polisi sedikit ada kenaikan, secara umum tidak berbeda jauh. Penanganan oleh polisi relatif dinilai baik," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi, saat menyampaikan hasil rilis survei melalui secara virtual, Selasa (21/7/2020).

Burhanuddin juga mengungkap bahwa mayoritas publik percaya kepada kinerja kepolisian dan TNI dalam menjaga keamanan selama masa wabah.

Terbukti masyarakat menilai keduanya dianggap kompak dan mampu menjaga keamanan dengan angka sebesar 81 persen.

Sementara itu, terkait tingkat kepercayaan publik terhadap institusi-institusi survei Indikator Politik menunjukkan TNI menjadi lembaga yang paling dipercaya publik. Baru setelahnya disusul oleh Presiden, Polri, dan KPK.

"Antara polisi dan KPK beda sedikit, polisi di atas KPK. Kinerja presiden secara umum, tidak berbeda dengan survei sebelumnya. Ada sedikit penurunan tapi tidak signifikan," kata Burhanuddin.

Baca: Terekam CCTV Anggota DPRD Fraksi PDIP dan Oknum Polisi Baku Hantam di Klub Malam

Diketahui, survei ini dilakukan dengan cara menelepon responden. Jumlah sampel yang dipilih secara acak untuk ditelepon sebanyak 5.872 data, dan yang berhasil diwawancarai dalam durasi survei yaitu sebanyak 1.200 responden.

Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 1.200 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error--MoE) sekitar kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas