Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

HUT Ke-75 TNI AL, KSAL Tekankan Profesionalisme Prajurit Hingga Soliditas TNI-Polri dan Masyarakat

Yudo mengatakan penekanan-penekanan tersebut diberikan untuk dipedomani para prajurit TNI AL

Penulis: Gita Irawan
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in HUT Ke-75 TNI AL, KSAL Tekankan Profesionalisme Prajurit Hingga Soliditas TNI-Polri dan Masyarakat
Surya/Ahmad Zaimul Haq
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menekankan enam hal kepada seluruh prajurit TNI AL ketika memimpin ucapara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 TNI Angkatan Laut tahun 2020, di Lapangan Bendera Gedung Utama RE Martadinata Mabesal Cilangkap Jakarta Timur pada Kamis (10/9/2020).

Yudo mengatakan penekanan-penekanan tersebut diberikan untuk dipedomani para prajurit TNI AL dalam melaksanakan tugasnya.

Pertama, Yudo menekankan kepada para prajurit untuk memperteguh keimanan dan ketaktawaan kepada Tuhan YME sebagai landasan pengabdian kepada TNI angkatan laut, TNI, serta bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Kedua, tingkatkan kekuatan SDM Angkatan Laut dalam bentuk profesionalisme prajurit yang senantiasa berpegang teguh pada sapta marga, sumpah prajurit, delapan wajib TNI, dan Trisila angkatan laut sebagai bentuk kesiapan untuk mengawali kekauatan angkatan laut yang siap dioperasionalkan," kata Yudo dalam tayangan Upacara HUT Ke-75 TNI AL di kanal Youtube resmi TNI AL yang disiarkan pada Kamis (10/9/2020).

Baca: Tank TNI Seruduk Gerobak Gorengan dan Sepeda Motor di Cipatat

Ketiga, Yudo menenkankan kepada para prajurit untuk meningkatkan kemampuan dukungan pangkalan demi menjaga kesiapsiagaan operasi dan intensitas kehadiran komponen TNI angkatan laut dengan memegang prinsip interoperabilitas dalam bentuk operasi gabungan TNI.

Keempat, Yudo menekankan kepada prajurit untuk memajukan organisasi TNI Angkatan Laut dengan berani untuk berinovasi dan melakukan perubahan kinerja organsiasi ke arah yang lebih baik.

Baca: Sejarah Singkat Kelahiran TNI Angkatan Laut yang Berulang Tahun Ke-75 Hari Ini

BERITA REKOMENDASI

"Kelima, pererat kebersamaan, kekompakan, dan kekeluargaan TNI angkatan laut dan jaga soliditas TNI-Polri, serta masyarakat guna mendukung ketahanan bangsa dalam menghadapi segala bentuk ancaman," kata Yudo.

Terakhir, Yudo menekankan agar para prajurit menanamkan semboyan dan doktrin Jalasveva Jayamahe dalam hati sanubari sebagai prajurit Jalasena.

Baca: Dua Pensiunan TNI Digarap KPK di Kasus Korupsi PT Dirgantara Indonesia

Sebagai pemimpin Angkatan Laut, Yudo mengajak agar seluruh prajurit bersatu dan bangkit untuk bersama-sama memperjuangkan kejayaan TNI Angkatan Laut menuju Jalasveva Jayamahe dan membangun Indonesia maju.

"Semoga Tuhan YME senantiasa memberikan bimnbingan, perlindungan kekuatan, dan hidayah-Nya kepada kita sekalian dalam mengabdikan diri demi kejayaan TNI angkatan, TNI, dan bangsa Indonesia yang sama-sama kita cintai," pungkas Yudo.

Perwira yang bertindak sebagai Komandan Upacara tersebut adalah Kolonel Laut (S) Anggun Nan Tungga.

Upacara tersebut melibatkan Pasukan Upacara yang terdiri dari satu kelompok Pasukan Polisi Militer, satu kelompok Pasukan Khusus Denjaka, satu kelompok Pasukan Khusus Kopaska, satu kelompok Pasukan Penyelam, dan satu kelompok Pasukan Penerbang.

Selain itu ada juga satu kelompok Pasukan Korps Wanita Angkatan Laut, satu kelompok Pasukan Bintara Pelaut, satu kelompok Pasukan Tamtama Pelaut dan satu kelompok Pasukan Marinir, satu kelompok Pasukan Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI Angkatan Laut dan satu kelompok pembawa Panji-Panji TNI Angkatan Laut.

Sebelumnya, berbagai rangkaian kegiatan telah dilaksanakan diantaranya bakti sosial, bakti kesehatan, serta ziarah ke Taman Makam Pahlawan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Umum Jalasenastri Vero Yudo Margono, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, dan Wakil Ketua Umum Jalasenastri Wiek Ahmadi Heri Purwono.

Selain itu hadir pula Inspektur Jenderal Angkatan Laut (Irjenal) Laksamana Muda TNI Suselo, Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kasal Laksamana Muda TNI Arusukmono Indra Sucahyo, Pengurus Inti Pusat Jalasenastri dan para Kepala Dinas jajaran Mabesal serta para undangan lainnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas