Tribun

Jakob Oetama Meninggal Dunia

Cerita Lilik Tak Dibelikan Ayah Gesper Mahal Saat SMA, Jakob Oetama: 'Kenapa Beli yang Semahal Itu?

Jakob Oetama selalu menyatakan kepada anak-anaknya, dirinya hanya seorang pekerja, bukan pemilik di Kompas Gramedia.

Editor: Dewi Agustina
Cerita Lilik Tak Dibelikan Ayah Gesper Mahal Saat SMA, Jakob Oetama: 'Kenapa Beli yang Semahal Itu?
Tribunnews/Irwan Rismawan
Keluarga dan kerabat menaburkan bunga di makam Pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama usai upacara pemakaman di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (10/9/2020). Jakob Oetama dimakamkan dengan prosesi kenegaraan di TMP Kalibata yang dipimpin oleh Inspektur Upacara Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla. Tribunnews/Irwan Rismawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama (88) telah dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Kamis (10/9/2020) kemarin.

Namun kenangan, nilai-nilai pendidikan dan nasihatnya masih tetap hidup di tengah keluarga dan Kompas Gramedia.

Paling tidak itu yang dirasakan Lilik Oetama, Chief Executive Officer (CEO) Grup Kompas Gramedia (KG), setelah upacara pemakaman di TMP Kalibata.

Lilik yang juga anak Jakob, mengenang saat kecil, Jakob Oetama telah menanamkan nilai-nilai kejujuran dalam diri anak-anaknya.

"Yang pertama soal kejujuran. Dia selalu bilang, 'pokoknya kamu jangan pernah "mencuri," berbohong. Jadi kalau kamu butuh apa-apa, ya kamu bilang. Kalau Bapak bisa berikan, Bapak akan bantu," kenang Lilik.

Jakob Oetama, lanjut Lilik, juga mendidik anak-anaknya secara demokratis, tanpa memaksakan kehendaknya.

Hal itu yang dikenang Lilik, terutama saat Jakob Oetama memberikan kebebasan pilihan kepada anak-anaknya untuk memilih sekolah atau jenjang pendidikan dan pasangan hidupnya masing-masing.

"Kedua demokrasi. Kayak sekolah, terserah mau sekolah di mana, mau ambil jurusan apa. Bapak memberikan ini dan bilang yang akan menjalankan itu kan kamu sendiri," kisah Lilik.

"Juga soal jodoh. Jodoh juga sama, terserah," tambah Lilik.

Lilik mengaku banyak belajar dari Jakob Oetama mengenai kesederhanaan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas