Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Firli Bahuri Lantik Brigjen Pol Setyo Budiyanto Sebagai Direktur Penyidikan KPK

Setyo Budiyanto sebelumnya menjabat sebagai Koordinator Wilayah III KPK sekaligus Plt Direktur Penyidikan KPK.

Firli Bahuri Lantik Brigjen Pol Setyo Budiyanto Sebagai Direktur Penyidikan KPK
Tribunnews/Irwan Rismawan
Ketua KPK, Firli Bahuri 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri resmi melantik Brigjen Pol Setyo Budiyanto sebagai Direktur Penyidikan yang baru.

Pelantikan dilangsungkan di Gedung Penunjang KPK Jakarta yang disiarkan melalui akun Instagram KPK, Selasa (22/9/2020).

Setyo Budiyanto sebelumnya menjabat sebagai Koordinator Wilayah III KPK sekaligus Plt Direktur Penyidikan KPK.

Ia terpilih menjadi Direktur Penyidikan KPK menyingkirkan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Selatan Kombes Didik Agung Widjanarko dan Widyaiswara Muda Sespimti Polri Kombes Nazirwan Adji Wibowo dalam tahap seleksi.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia dan taat kepada Undang-undang Dasar Tahun 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Firli yang kemudian diikuti para pejabat yang dilantik.

Baca: Legislator Gerindra: Penyidik Harus Dalami Pernyataan Boyamin di Kasus Djoko Tjandra 

Dalam pembacaan sumpah tersebut termuat larangan agar pejabat baru tidak menerima pemberian sesuatu apa pun dari pihak yang diduga kuat terkait dengan perkara yang sedang ditangani KPK.

"Bahwa saya tidak akan menerima hadiah atau sesuatu pemberian berupa apa saja, dari siapa pun juga yang saya tahu atau patut dapat mengira bahwa ia mempunyai hal yang bersangkutan dengan jabatan atau pekerjaan saya," demikian sumpah yang dibacakan Firli.

"Bahwa dalam mejalankan jabatan atau pekerjaan saya, saya senantiasa akan lebih mementingkan kepentingan negara daripada kepentingan saya sendiri, seseorang, atau golongan. Bahwa saya senantiasa akan menjunjung tinggi kehormatan negara. Bahwa saya akan bekerja dengan jujur, tertib, cermat, dan semangat untuk kepentingan negara," imbuhnya.

Selain melantik Setyo Budiyanto, Firli juga melantik sejumlah pejabat baru di lingkungan KPK.

Mereka adalah Direktur Pengaduan Masyarakat yang diisi oleh Tomi Murtomo dari internal KPK dan Direktur Pengolahan Informasi dan Data yang diisi oleh Riki Arif Gunawan dari Kemenkominfo.

Kemudian, posisi Koordinator Wilayah KPK yakni dari internal KPK ada Asep Rahmat Suwanda, Aminudin, Budi Waluya, dan Aida Ratna Zulaiha.

Sedangkan dari unsur Polri ada Didik Agung Widjanarko, Agung Yudha Wibowo, Bahtiar Ujang Purnama, Kumbul Kuswijanto Sudjadi, dan Yudhiawan.

Ikuti kami di
Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Hasanudin Aco
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas