Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Bisa Jadi Peluang Usaha Baru, Kemenparekraf Gelar Kelas Online Fotografi dan Ilustrasi

Melalui kelas online ini, ia juga berharap para peserta kelas fotografi dan ilustrasi dapat berkontribusi pula untuk membantu visualisasi sektor

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Bisa Jadi Peluang Usaha Baru, Kemenparekraf Gelar Kelas Online Fotografi dan Ilustrasi
Brightside
Kamera seolah terlihat lebih besar daripada objeknya. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah terus meningkatkan pelatihan terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) untuk bisa menghadapi era disrupsi digital yang telah berdampak pada banyak sektor, termasuk industri kreatif.

Terkait hal ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pun menggelar kegiatan 'Kick Off Your Journey, Kelas Online untuk Tingkatkan Keterampilan Fotografi dan Ilustrasi'.

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Bekraf Muhammad Neil El Himam mengatakan pihaknya memang sengaja memfasilitasi bimbingan teknis (bimtek) master class secara online ini untuk meningkatkan kompetensi di bidang fotografi dan ilustrasi.

"Tujuan pelaksanaan bimtek ini adalah dapat mendukung pelaku usaha di sektor penerbitan dan fotografi," ujar Neil, dalam konferensi pers secara virtual, Sabtu (17/10/2020).

Melalui kelas online ini, ia juga berharap para peserta kelas fotografi dan ilustrasi dapat berkontribusi pula untuk membantu visualisasi sektor kreatif lainnya.

"Kita juga harapkan sektor-sektor tadi juga bisa membantu sektor lainnya, misalnya fotografi membantu subsektor kuliner, misal foto untuk produk kuliner atau fashion," jelas Neil.

Baca juga: Bamsoet Ajak Generasi Muda Sikapi Era Disrupsi dengan Bijak

Menurutnya, jika sektor-sektor itu saling bersinergi, maka akan memberikan nilai tambah pada masing-masing produk kreatif.

BERITA REKOMENDASI

"Ini tentunya akan sangat menarik bila bisa bekerja sama dan bersinergi untuk meningkatkan value dari produknya di masing-masing sektor," papar Neil.

Neil menuturkan, Kemenparekraf/Bekraf mendukung kreatifitas masyarakat terkait pengembangan bakat, baik itu dalam membuat ilustrasi, menuangkan ide, maupun mendukung visualisasi dari produk digital, salah satunya melalui fotografi.

Lebih lanjut Neil menuturkan bahwa ilustrasi dan fotografi bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan di era serba digital ini.

Sehingga ia menekankan bahwa kelas online yang difasilitasi Kemenparekraf/Bekraf bekerja sama dengan Vokraf ini akan mendorong kemandirian, kreatifitas dan profesionalisme para peserta di era disrupsi digital.

"Kedua bidang tadi (ilustrasi maupun fotografi) kalau dilatih dengan baik, tentunya akan menjadi alternatif karir atau usaha yang sangat menjanjikan di era digitalisasi ini," tegas Neil.

Program kelas online ini juga merupakan salah satu bentuk strategi percepatan pemulihan sektor ekonomi kreatif di tengah masa pandemi virus corona (Covid-19).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas