Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Puluhan Rumah Rusak di Ciamis, Garut dan Tasikmalaya Rusak Akibat Gempa 5,9 M Pangandaran

Gempa bermagnitudo 5,9 yang berpusat di Pangandaran, Minggu (25/10/2020) terasa hingga ke sejumlah daerah di Jawa Barat.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Puluhan Rumah Rusak di Ciamis, Garut dan Tasikmalaya Rusak Akibat Gempa 5,9 M Pangandaran
KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA
Sebuah rumah yang dihuni 8 anggota keluarga ambruk akibat gempa Pangandaran di Desa Manggungjaya, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (25/10/2020). 

TRIBUNNEWS.CIM, GARUT - Gempa bermagnitudo 5,9 yang berpusat di Pangandaran, Minggu (25/10/2020) terasa hingga ke sejumlah daerah di Jawa Barat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar mencatat, gempa menyebabkan puluhan rumah di Kabupaten Ciamis, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Garut, serta Pangandaran rusak.

Rinciannya, lima rumah rusak ringan di Kabupaten Pangandaran, 13 unit rumah rusak ringan dan sedang di Kabupaten Ciamis, tujuh rumah rusak ringan di Kabupaten Tasikmalaya, dua rumah masing-masing rusak ringan dan sedang di Kota Tasikmalaya.

"Satu rumah rusak berat di Kabupaten Garut," kata Manager Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Jabar Budi Budiman melalui pesan singkat, Minggu.

Baca juga: Pangandaran Gempa 5,9 SR, Begini Kondisi Pengunjung Pantai Pangandaran, Hujan sejak Dini Hari

Gempa juga melukai tiga orang di Kabupaten Ciamis, dan satu orang di Kota Tasikmalaya. "Korban luka-luka sudah dilarikan ke klinik terdekat," ucapnya.

Baca juga: Waspada Dampak Kerusakan, 17 Wilayah Ini Merasakan Guncangan Gempa Pangandaran

Saat ini BPBD Jabar terus berkoordinasi dan memantau kondisi daerah terdampak.  Pihaknya juga melakukan assessment ke lokasi terdampak sekaligus memberikan imbauan kepada warga setempat agar selalu waspada.

"Kami masih melakukan pendataan dan menunggu laporan dari beberapa kecamatan," kata Budi.

BERITA TERKAIT

Penulis Kontributor Bandung, Agie Permadi

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Dampak Gempa M 5,9 Pangandaran, Puluhan Rumah di Tasik, Garut, hingga Ciamis Rusak

Penulis : Kontributor Bandung, Agie Permadi

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas