Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

BMKG Peringatan Dini Besok, Kamis 5 November 2020: Jabar dan DKI Jakarta Hujan Lebat Disertai Angin

BMKG memperkirakan sejumlah wilayah di Indonesia diguyur hujan lebat hingga disertai angin kencang dan kila/petir pada Kamis (5/11/2020).

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in BMKG Peringatan Dini Besok, Kamis 5 November 2020: Jabar dan DKI Jakarta Hujan Lebat Disertai Angin
Grafis/Rahmandito Dwiatno
Prakiraan Cuaca 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem di Indonesia pada Kamis (5/11/2020), besok.

BMKG memperkirakan sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi diguyur hujan dengan intensitas lebat hingga disertai angin kencang.

Wilayah Jawa Barat dan DKI Jakarta berpotensi terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang/puting beliung dan kilat/petir.

Sementara itu, wilayah Yogyakarta diperkirakan terjadi hujan hingga disertai angin kencang, kilat/petir.

CUACA EKSTREM - Pemandangan saat awan mendung menyelimuti wilayah Jakarta, Selasa (22/9/2020). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat soal cuaca ekstrem hujan lebat akan terjadi selama sepekan yang melanda hampir di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah Jawa Barat. (WARTAKOTA/Henry Lopulalan)
CUACA EKSTREM - Pemandangan saat awan mendung menyelimuti wilayah Jakarta, Selasa (22/9/2020). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat soal cuaca ekstrem hujan lebat akan terjadi selama sepekan yang melanda hampir di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah Jawa Barat. (WARTAKOTA/Henry Lopulalan) (WARTAKOTA/Henry Lopulalan )

Baca juga: Info BMKG: Peringatan Dini Kamis 5 November 2020, Waspadai Cuaca Ekstrem di Sejumlah Wilayah

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Kamis, 5 November 2020, Waspada Cuaca Ekstrem Hujan Disertai Petir dan Angin

Sesuai informasi pada laman web.meteo.bmkg.go.id, Deputi Bidang Meteorologi, Rabu (4/11/2020), menyampaikan adanya sirkulasi siklonik terpantau di Selat Malaka, Samudera Hindia barat Bengkulu dan selatan Banten, Kalimantan Tengah, Papua bagian timur, dan Samudera Pasifik utara Papua.

Daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) terpantau memanjang dari pesisir timur Aceh hingga Sumatera Utara, di Semenanjung Malaysia, di Samudera Hindia barat Sumatera dan selatan Jawa Barat, dari Selat Makassar bagian selatan, Laut Jawa, hingga Kalimantan Tengah, dan di Samudera Pasifik utara Papua Barat hingga Papua.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

BERITA TERKAIT

Berikut wilayah yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem Kamis (5/11/2020).

Daftar wilayah yang berpotensi hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai angin kencang/puting beliung dan kilat/petir:

- Aceh

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

- Riau

- Bengkulu

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas