Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

DPR Dukung Komnas HAM Bentuk Tim Usut Insiden Penembakan Polisi Atas 6 Pengawal Habib Rizieq

Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin mendukung inisiatif Komnas HAM menyelidiki insiden penembakan polisi terhadap 6 pengawal Habib Rizieq Shihab.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in DPR Dukung Komnas HAM Bentuk Tim Usut Insiden Penembakan Polisi Atas 6 Pengawal Habib Rizieq
dok pribadi
Wakil Ketua DPR Azis Syamsudin. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - DPR RI mendukung langkah Komnas HAM membentuk Tim Pemantauan dan Penyelidikan untuk mendalami informasi yang beredar di masyarakat luas seputar penembakan polisi yang menewaskan enam pengawal Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

"Bagian terpenting adalah mengumpulkan fakta-fakta dari pihak terkait atas peristiwa jatuhnya korban jiwa. Semoga proses ini benar-benar matang dan berjalan baik," kata Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin kepada wartawan, Selasa (8/12/2020).

Politikus Partai Golkar itu meminta masyarakat tetap tenang dan tidak tersulut oleh provokasi maupun hasutan yang sengaja dihembuskan untuk memecah belah persatuan.

Baca juga: Muhammadiyah Minta Polisi Terbuka dan Respon Permintaan Investigasi

"Negara kita negara hukum, mari kita serahkan semuanya pada pihak berwajib yang saat ini tengah melakukan pendalaman. Sekali lagi, jaga situasi, jangan sampai terprovokasi," ucap Azis.

Baca juga: Soal CCTV yang Mati di Lokasi Penembakan Pengikut Habib Rizieq, Ini Kata Jasa Marga

Azis menegaskan, dalam koridor kerja, aparat kepolisian sudah diberikan kewenangan melalui UU untuk dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Begitu pula kedudukan organisasi masyarakat, memiliki fungsi dan arah yang jelas dalam membangun bangsa. 

BERITA TERKAIT

"Dari kejadian ini, semua pihak introspeksi diri. Dan kita pastikan bahwa negara tak boleh kalah dengan premanisme. Maka taatilah ketentuan-ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengikat terhadap seluruh warga negara," pungkas Azis.

Diberitakan sebelumnya, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) langsung membentuk tim untuk mendalami peristiwa bentrok antar Polisi-Pendukung Habib Rizieq Shihab di Pintu Tol Karawang Timur, Senin (7/12/2020), pagi.

Tim tersebut dipimpin langsung komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM Choirul Anam.

"Komnas HAM melalui pemantuan dan penyelidikan telah membuat tim," kata Choirul Anam saat dihubungi Tribunnews, Senin (7/12/2020).

Choirul menambahkan, pihaknya saat ini sedang melakukan pendalaman informasi yang beredar di publik.

Selain itu, ia juga sedang mendalami informasi dan mengumpulkan fakta-fakta dari pihak yang terlibat dalam bentrokan tersebut. Yakni, pendukung Habib Rizieq.

"Tim sedang mendalami informasi dan mengumpulkan fakta - fakta dari pihak langsung. Termasuk menggali keterangan dari FPI secara langsung yang saat ini sedang berlangsung," ucapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas