Tribun

Resuffle Kabinet

Sandiaga Uno dan Prabowo Subianto: Dulu Rival di Pilpres Kini Jadi Pembantu Presiden Jokowi

Sandiaga akhirnya mengikuti jejak Prabowo Subianto yang sudah terlebih dahulu masuk ke kabinet dengan jabatan sebagai menteri pertahanan.

Penulis: Malvyandie Haryadi
zoom-in Sandiaga Uno dan Prabowo Subianto: Dulu Rival di Pilpres Kini Jadi Pembantu Presiden Jokowi
Tribunnews/JEPRIMA
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno bersama pimpinan Parpol pendukung saat memberikan keterangan pers seusai mendeklarasikan dirinya ikut pada Pilpres 2019 di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (9/8/2018) malam. Keduanya kini menjadi menteri Jokowi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Jokowi akhirnya menunjuk Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Sandiaga akhirnya mengikuti jejak Prabowo Subianto yang sudah terlebih dahulu masuk ke kabinet dengan jabatan sebagai menteri pertahanan.

Sekadar mengingatkan, Sandiaga dahulu calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto. Keduanya bertarung di Pilpres melawan pasangan Joko Widodo dan Maruf Amin.

"Saya ingin mengenalkan, tetapi kita semuanya, saya kira sudah tahu, yaitu Bapak Sandiaga Salahuddin Uno. Beliau adalah dulu Wagub DKI Jakarta, Ketua HIPMI, dan saat ini beliau akan kami berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," kata Jokowi.

Dengan demikian, Sandi menggantikan posisi Wishnutama. Setelah mengumumkan Sandi dan lima calon menteri lainnya, Jokowi berencana melantik mereka pada Rabu (23/12) besok.

Profil Sandiaga

Sosok Menparekraf Sandiaga tidak asing bagi publik Indonesia karena dia adalah pengusaha sekaligus mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Sandiaga juga pernah maju sebagai Calon Wakil Presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Saat itu ia mendampingi Prabowo Subianto.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut merupakan profil singkat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Baca juga: Baru Dilantik Jadi Dubes AS di Washington DC, M Lutfi Kembali Diangkat Jadi Mendag

Berdasarkan biografi Sandiaga Uno, ia pernah bekerja di sebuah perusahaan namun kemudian perusahaan itu bangkrut.

Kemudian, bersama rekannya, Sandiaga mendirikan perusahaan di bidang keuangan yaitu PT Saratoga Advisor.

Baca juga: PROFIL Sakti Wahyu Trenggono Menteri KKP Pengganti Edhy Prabowo: Pernah Jual Kambing Demi Kuliah

Sandi pernah dinobatkan oleh Globe Asia sebagai orang terkaya ke-63 di Indonesia dengan jumlah kekayaan mencapai 245 juta dollar AS.

Ia juga mendapat penghargaan Enterpreneur of The Year dari Enterprise Asia pada 2008.

Peluang capres?

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas