Tribun

Kemenhub Targetkan Pelabuhan Patimban Beroperasi Penuh Pertengahan 2021

Industri otomotif di sekitar Subang juga dapat memanfaatkan pelabuhan yang sudah siap tersebut nantinya

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Eko Sutriyanto
Kemenhub Targetkan Pelabuhan Patimban Beroperasi Penuh Pertengahan 2021
Tribunnews/HO/Biro Pers Setpres/Kris
Presiden Joko Widodo melakukan peluncuran awal (soft launching) sekaligus meresmikan pengoperasian perdana Pelabuhan Internasional Patimban, dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (20/12/2020). Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat, ini diharapkan berperan penting bagi pertumbuhan dan perdagangan di wilayah Jawa Barat. Dengan lokasinya di antara Bandara Kertajati dan kawasan industri di Bekasi, Karawang, dan Purwakarta. Tribunnews/HO/Biro Pers Setpres/Kris 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub), menargetkan operasional penuh Pelabuhan Patimban, Subang, pada pertengahan 2021.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Agus Purnomo mengatakan, mengatakan saat ini Pelabuhan Patimban belum beroperasi penuh dan pada 2021 nanti diharapkan dapat full operation.

Menurutnya, pada pertengahan 2021 nanti pihaknya akan mempersiapkan container terminal dengan kapasitas 218 ribu TEUs dan setelah ini dipersiapkan makna Pelabuhan Patimban bisa beroperasi penuh.

"Saat ini kami masih mempersiapkan car terminal di Pelabuhan Patimban, saat itu telah selesai makan akan langsung mempersiapkan container terminal," kata Agus dalam diskusi virtual, Rabu (23/12/2020).

Baca juga: Dukung Proyek Strategis Nasional, Pertamina Bangun Storage BBM di Kawasan Pelabuhan Patimban

Baca juga: Seorang Remaja 19 Tahun Tewas Akibat Tawuran Antargeng, Alami Luka Bacok di Dada

Dengan beroperasinya Pelabuhan Patimban ini, lanjut Agus, tentunya diharapkan dapat menggerakan roda ekonomi di wilayah sekitar.

"Selain itu, industri otomotif di sekitar Subang juga dapat memanfaatkan pelabuhan yang sudah siap tersebut nantinya," ucap Agus.

Sebagai informasi, Pelabuhan Patimban sendiri pada 20 Desember 2020 lalu telah soft launching setelah menyelesaikan pembangunan car terminal.

Dalam soft launching tersebut, sekaligus menjadi ekspor perdana produk otomotif yaitu 140 unit mobil dengan menggunakan Kapal MV Suzuka Express milik PT Toyofuji Shipping Co Ltd.

Ekspor 140 unti kendaraan roda empat tersebut, dilakukan dari Pelabuhan Patimbang menuju Brunei Darussalam.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas