Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

Kakorlantas: Pemudik yang Tidak Patuhi Protokol Kesehatan Akan Diarahkan Ikut Swab Antigen

Kakorlantas Irjen Pol Istiono mengatakan pihaknya akan mengarahkan para pemudik Libur Natal dan Tahun Baru 2021 melakukan swab antigen secara random.

Kakorlantas: Pemudik yang Tidak Patuhi Protokol Kesehatan Akan Diarahkan Ikut Swab Antigen
Istimewa
Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono saat memantau pelaksanaan tes swab antigen terhadap pemudik di Rest area KM 575, Ngawi, Jawa Timur, Senin (28/12/2020) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono mengatakan pihaknya akan mengarahkan para pemudik Libur Natal dan Tahun Baru 2021 melakukan swab antigen secara random.

Terlebih bagi pemudik yang tidak mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Kakorlantas Polri diketahui melanjutkan tinjaunya ke Rest area KM 575, Ngawi, Jawa Timur setelah pada hari sebelumnya meninjau pintu keluar-masuk Bali di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali dan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.

Dalam tinjauannya di Ngawi, Kakorlantas mengecek pelaksanaan swab antigen yang dilakukan jajarannya kepada pemudik secara acak.

Baca juga: Pantau Jalur Keluar-Masuk Bali, Kakorlantas Sebut Angka Wisatawan Menurun Sekitar 90 Persen

Saat melakukan tenjauan, menurut dia sudah ada 100 orang yang melintas di tol tersebut mengikuti swab antigen secara random.

“Random check ini ada 100 orang yang dilakukan pemeriksaan. Ini rutin dilakukan sampai nanti tanggal 4 arus balik nanti,” kata Istiono, Senin (28/12/2020).

Baca juga: Cek Pengamanan di Stasiun Gambir, Kakorlantas Imbau Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Istiono mengatakan swab antigen secara random tersebut dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19.

Istiono menyebut akan mengarahkan para pemudik yang diketahui melanggar protokol kesehatan Covid-19 untuk dilakukan swab antigen.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono 111
Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono saat meninjau pelaksanaan pengamanan di Rest area KM 575, Ngawi, Jawa Timur, Senin (28/12/2020).

“Kira-kira swab antigen itu diperuntukkanan bagi masyarakat yang kondisi kesehatannya kurang sehat silahkan mengecek kesehatannya. Nah bila petugas menemukan ada rombongan mobil yang tidak patuh protokol kesehatan kita arahkan kesini untuk random check sehingga mengetahui kira-kira positif atau negatif. Disini dikakukan Swab antigen gratis,” jelasnya.

Baca juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, Kakorlantas Polri Lepas Tim Pamatwil Operasi Lilin 2020.

Terkait arus mudik Tahun Baru 2021, Kakorlantas memprediksi puncak arus mudik akan terjadi 30 dan 31 Desember 2020.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas