Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Refleksi Tahun 2020, PBNU Minta Narasi Positif Dibangun di Media Sosial

Said mengatakan pada momentum revolusi 4.0 ini, iklim demokrasi salah satunya bertumpu pada digitalisasi.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Refleksi Tahun 2020, PBNU Minta Narasi Positif Dibangun di Media Sosial
Tribunnews.com/ Larasati Dyah Utami
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj dalam silaturrahim Pimpinan Cabang Istimewa (PCI) NU sedunia secara daring, Selasa (19/5/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj mengungkapkan pada tahun 2020, intoleransi masih merebak dan cenderung meningkat.

Hal tersebut diungkapkan Said dalam "Refleksi Tahun 2020 dan Tausiyah Kebangsaan Nahdlatul Ulama Memasuki Tahun 2021".

"PBNU mengingatkan semua pihak agar kembali kepada jati diri bangsa yang menghargai kemajemukan, pluralitas, serta heterogenitas yang dirumuskan dalam sebuah konsensus agung bernama Pancasila yang dibangun di atas bingkai Bhineka Tunggal Ika," ujar Said melalui keterangan tertulis, Selasa (29/12/2020).

Said mengatakan pada momentum revolusi 4.0 ini, iklim demokrasi salah satunya bertumpu pada digitalisasi.

Menurutnya ekspresi demokrasi dan politik diungkapkan melalui kanal-kanal media sosial.

Baca juga: Gara-gara Sering Pamer Kekayaan di Medsos, Selebgram Ini Dirampok Rp 5,6 Miliar

Dunia maya, menurut Said, telah berkembang sangat pesat termasuk dalam konteks penyebaran isu politik, sosial, keagamaan serta isu lainnya.

"Melihat kondisi seperti ini, PBNU menilai perlu adanya upaya yang lebih ekstensif dan intensif dalam membangun narasi-narasi positif dalam wujud konten yang kreatif," ucap Said.

BERITA TERKAIT

"Sehingga penyebaran berita bohong, fitnah, polarisasi, dan radikalisme yang selama ini teresonansi gerakannya melalui media sosial bisa diatasi dengan baik," tambah Said.

Bagi Said, perbedaan harus menjadi energi untuk memproduksi kekuatan kolektif sebagai sebuah bangsa, bukan dijadikan sebagai benih untuk menumbuhkan perpecahan.

Menurutnya, kebhinekaan harus menjadi kekuatan bangsa. Said mengatakan Kebinekaan tidak boleh menjadi anasir destruktif yang memberi konstribusi bagi rusaknya persatuan dan kesatuan bangsa.

"PBNU mengingatkan bahwa demokrasi sebagai sistem untuk mewujudkan kesejahteraan publik memiliki potensi dibajak oleh gerakan apapun, baik oleh gerakan fundamentalisme agama dan ideologi maupun fundamentalisme pasar," pungkas Said. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas