Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Besok, Komisi III DPR Putuskan Nasib Komjen Listyo Sigit, Jadi Kapolri atau Tidak

Komjem Listyo Sigit bakal jalani uji kepatutan dan kelayakan, nasibnya sebagai Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis ditentukan besok Rabu (20/1/2021)

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Besok, Komisi III DPR Putuskan Nasib Komjen Listyo Sigit, Jadi Kapolri atau Tidak
(Dok. Divisi Humas Polri)
Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo saat konferensi pers di Gedung Bareskrim, Jakarta Selatan, Kamis (17/9/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal Kapolri, pengganti Jenderal Idham Azis yang akan pensiun pada akhir Januari 2021.

Rabu (20/1/2021), Listyo dijadwalkan menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Komisi III DPR, untuk dinilai layak atau tidak menjadi Kapolri. 

Baca juga: Komisi III DPR Tanya Soal Penjaringan Calon Kapolri Kepada Kompolnas

Baca juga: Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo Bersafari Temui Ketua Umum Partai Demokrat AHY

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengatakan, setelah Listyo melakukan paparan dan menjawab berbagai pertanyaan, selanjutnya Komisi III akan langsung mengambil keputusan. 

"Besok paparan, sorenya langsung pengambilan keputusan Komisi III untuk diteruskan ke Pimpinan DPR," ujar Sahroni saat dihubungi, Jakarta, Selasa (19/1/2021).

Presiden Joko Widodo memutuskan mengajukan ke DPR Komjen Listyo Sigit Prabowo untuk menjadi Kapolri menggantikan Idham Aziz yang memasuki masa pensiun. Komjen Listyo Sigit Prabowo merupakan salah satu nama yang direkomendasikan Kompolnas dan merupakan calon tunggal Kapolri. TRIBUNNEWS.COM/IST
Presiden Joko Widodo memutuskan mengajukan ke DPR Komjen Listyo Sigit Prabowo untuk menjadi Kapolri menggantikan Idham Aziz yang memasuki masa pensiun. Komjen Listyo Sigit Prabowo merupakan salah satu nama yang direkomendasikan Kompolnas dan merupakan calon tunggal Kapolri. TRIBUNNEWS.COM/IST (TRIBUNNEWS.COM/IST/HO)

Listyo Sigit menjadi calon Kapolri yang dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi), dari lima nama jenderal bintang tiga yang diusulkan Kompolnas.

Sebelumnya, Komisi III DPR telah meminta keterangan dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Kompolnas, untuk pendalaman dari rangkaian uji kepatutan dan kelayakan Listyo Sigit.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas