Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KBPP Polri Mendukung Komjen Listyo Sigit Prabowo, Calon Kapolri Usulan Presiden

Nama Komjen Listiyo Sigit diajukan Jokowi secara resmi ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), pada Rabu (13/01/2021).

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in KBPP Polri Mendukung Komjen Listyo Sigit Prabowo, Calon Kapolri Usulan Presiden
TRIBUNNEWS.COM/IST/HO
Presiden Joko Widodo memutuskan mengajukan ke DPR Komjen Listyo Sigit Prabowo untuk menjadi Kapolri menggantikan Idham Aziz yang memasuki masa pensiun. Komjen Listyo Sigit Prabowo merupakan salah satu nama yang direkomendasikan Kompolnas dan merupakan calon tunggal Kapolri. TRIBUNNEWS.COM/IST 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah menunjuk Kepala Bareskrim Polri, Komjen Listyo Sigit Prabowo, sebagai calon tunggal Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang segera memasuki masa pensiun.

Nama Komjen Listiyo Sigit diajukan Jokowi secara resmi ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), pada Rabu (13/01/2021).

Keluarga Besar Putra-Putri Polri (KBPP Polri) sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Kepolisian Republik Indonesia, mendukung penuh usulan Presiden Jokowi tersebut.

Baca juga: Calon Kapolri Banjir Dukungan Kaum Muslim, IBSW: Percayakan Kepada Komisi III DPR

KBPP Polri yakin, Presiden Jokowi tentu sudah mempertimbangkan dengan matang pengusulan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 itu untuk menjadi Pimpinan Tertinggi Kepolisian, dalam konteks menjaga keutuhan bangsa ini.

Hal itu dikemukakan Bimo, Ketua Umum Keluarga Besar Putra-Putri Polri (KBPP) Polri.

“Kami dari KBPP Polri percaya bahwa Presiden Jokowi sangat mengutamakan pengayoman masyarakat berdasarkan Pancasila. Dan, Komjen Listyo Sigit Prabowo adalah sosok yang tepat untuk mengayomi seluruh lapisan masyarakat, karena Listyo Sigit Prabowo memiliki kapasitas kepemimpinan yang kuat, yang mampu membawa jajaran Kepolisian untuk senantiasa melindungi semua golongan,” ujar Bimo, Ketua Umum KBPP Polri, pada Selasa (19/01/2021).

BERITA TERKAIT

Bimo menuturkan, kepemimpinan Listyo Sigit Prabowo untuk melindungi semua golongan, sudah teruji serta sudah terbukti di sejumlah jenjang jabatan di Polri yang ia emban selama ini.

Dalam posisinya sebagai Kabareskrim Polri, misalnya, Listyo Sigit Prabowo secara strategis telah mampu membangun komunikasi serta mensinergikan kekuatan para Ulama untuk menjaga keutuhan NKRI, dari rongrongan kelompok-kelompok yang hendak memecah-belah kesatuan dan persatuan bangsa.

Yang tidak kalah pentingnya, menurut Bimo selaku Ketua Umum KBPP Polri, Listyo Sigit Prabowo adalah sosok yang kuat untuk menjembatani antara para senior dan yunior di tubuh Polri. Merekatkan hubungan antara senior dan yunior di Polri adalah komponen penting bagi Polri sebagai institusi pengamanan nasional.

Baca juga: Komjen Sigit Safari ke AHY, Pengamat: Langkah Bijak untuk Galang Soliditas

“Indonesia ini sangat luas serta sangat beragam. Kekompakan senior dan yunior di Polri menjadi salah satu kekuatan penting, yang memungkinkan tiap anggota Polri tampil terdepan dalam menjaga keberagaman warga, di seluruh pelosok tanah air,” lanjut Ketua Umum KBPP Polri.

Keluarga Besar Putra-Putri Polri (KBPP) Polri adalah bagian yang tidak terpisahkan dari keberagaman di tubuh Polri.

Bimo selaku Ketua Umum KBPP Polri, senantiasa mengembangkan keberagaman di lingkungan Keluarga Besar Putra-Putri Polri melalui sejumlah program pembinaan serta program edukasi, sebagai wujud dukungan terhadap tugas-tugas Kepolisian.

Karena, dukungan keluarga tentulah sangat dibutuhkan oleh anggota Polri, agar maksimal di tiap penugasan.

Dalam waktu yang hampir bersamaan dengan pengajuan Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri ke DPR, Bimo selaku Ketua Umum KBPP Polri sedang mempersiapkan penyelenggaraan Musyawarah Nasional (Munas) KBPP Polri yang ke-5, yang rencananya digelar pada 1 Maret 2021.

“Saya selaku Ketua Umum KBPP Polri, berharap Listyo Sigit Prabowo berkenan untuk membuka Munas KBPP Polri tersebut,” ungkap Bimo, sebagai wujud kongkrit dukungan KBPP Polri untuk kepemimpinan Listyo Sigit Prabowo.

Munas KBPP Polri pada 1 Maret 2021 itu akan digelar di Jakarta, bertepatan dengan Peringatan Ulang Tahun KBPP Polri ke-18.

Bimo selaku Ketua Umum KBPP Polri menilai, penyelenggaraan Munas sekaligus peringatan ulang tahun, merupakan momentum yang istimewa karena bersamaan dengan dimulainya kepemimpinan Listyo Sigit Prabowo sebagai pucuk Pimpinan Tertinggi Polri.

“KBPP Polri berharap, momentum tersebut bukan hanya istimewa bagi jajaran Polri, tapi sekaligus merupakan momen istimewa bagi seluruh rakyat Indonesia menyambut era baru pemimpin Polri sebagai pilar pengayom keberagaman di bumi Nusantara yang sama-sama kita cintai ini,” tukas Bimo selaku Ketua Umum KBPP Polri.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas