Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

PMI Dapat Dana Penanganan Bencana Senilai Rp 1 Miliar dari Mitsubishi Motor

PMI menerima bantuan dana untuk penanganan bencana senilai Rp 1 miliar dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI).

PMI Dapat Dana Penanganan Bencana Senilai Rp 1 Miliar dari Mitsubishi Motor
Dok PMI
Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (JK) yang didampingi oleh Sekretaris Jenderal PMI, Sudirman Said menerima bantuan dana untuk penanganan bencana senilai Rp 1 miliar dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Markas Pusat PMI, Jakarta pada Kamis (4/2/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAPalang Merah Indonesia (PMI) menerima bantuan dana untuk penanganan bencana senilai Rp 1 miliar dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI).

Bantuan tersebut diterima langsung Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (JK) yang didampingi oleh Sekretaris Jenderal PMI, Sudirman Said di Markas Pusat PMI, Jakarta, Kamis (4/2/2021).

JK, dalam keterangannya menyampaikan donasi masyarakat sangat dibutuhkan dalam berbagai penanganan bencana, termasuk gempa di Sulawesi Barat (Sulbar).

Donasi disebut akan meringankan beban masyarakat Sulbar di sejumlah pengungsian.

Baca juga: Sistem Penempatan PMI dengan Satu Kanal ke Arab Saudi Dinilai Bisa Cegah Pengiriman Ilegal

"Donasi bagi pelaku usaha artinya adalah komitmen kepada kemanusiaan. Seperti kita tahu, belakangan ini banyak bencana terjadi di Indonesia, masyarakat terdampak sangat membutuhkan uluran tangan sesama," kata JK saat menerima kunjungan PT MMKI.

JK mengatakan PMI telah menyalurkan bantuan dan layanan sejak hari pertama pascagempa Sulbar, sesuai dengan komitmen PMI yang memulai respons bencana pada enam jam pertama pascabencana.

Baca juga: PMI Terima Bantuan Rp 1,4 Miliar dari Palang Merah China untuk Gempa Sulbar

Sekiranya 260 relawan di Mamuju dan Majene, Sulbar telah dikerahkan PMI termasuk penyediaan layanan seperti layanan kesehatan, penyediaan fasilitas kebersihan di pengungsian, termasuk penyaluran bantuan.

Baik berupa kebutuhan dasar pengungsi hingga distribusi air bersih yang bekerja sama dengan Pemerintah.

Baca juga: Penuturan Relawan PMI: Banyak Korban Gempa yang Luka dan Listrik Sempat Padam

"Kami berada di antara tangan di atas dan tangan di bawah, artinya kami sebagai lembaga kemanusiaan, menerima kemudian menyalurkan donasi dari masyarakat," katanya.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) diketahui beberapa kali berdonasi melalui PMI beberapa kali.

Dalam penanganan covid-19 misalnya, distributor resmi kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia ini mendonasikan 9.000 masker N95 ke PMI.

PT MMKI juga mendistribusikan 3 unit kendaraan Mitsubishi yang terdiri dari 2 unit Triton Rescue Car dan 1 unit Outlander PHEV ke PMI untuk penanganan bencana di Sulawesi Barat dan Jawa Barat.

"PMI adalah mitra kami dalam mewujudkan komitmen kami kepada kemanusiaan. Kami menyerahkan sepenuhnya donasi ini kepada PMI agar tersalurkan secara cepat dan tepat," kata Presiden Direktur PT Krama Yudha, Robert E Wannee.

Ikuti kami di
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Adi Suhendi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas