Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

KAI Klaim Jumlah Calon Penumpang yang Menggunakan Layanan GeNose di Stasiun Mencapai 2.500 orang

Kemudian Eva juga mengatakan, menurut data per Sabtu (6/2/2021) jumlah calon penumpang KA jarak jauh yang menggunakan

KAI Klaim Jumlah Calon Penumpang yang Menggunakan Layanan GeNose di Stasiun Mencapai 2.500 orang
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Calon penumpang kereta api jarak jauh melakukan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (4/2/2021). PT KAI melakukan uji coba tes GeNose C19 sebagai alat pendeteksi Covid-19 kepada calon penumpang KA jarak jauh di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Tugu, Yogyakarta. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta, telah resmi menghadirkan layanan tes Covid-19 menggunakan GeNose sebagai syarat calon penumpang Kereta Api (KA) jarak jauh untuk melakukan perjalanan.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menyebutkan, sejak pertama kali layanan tes Covid-19 menggunakan GeNose dibuka pada 3 Februari 2021 terdapat 2.580 calon penumpang yang menggunakan layanan ini di stasiun.

Kemudian Eva juga mengatakan, menurut data per Sabtu (6/2/2021) jumlah calon penumpang KA jarak jauh yang menggunakan layanan GeNose di Stasiun Pasar Senen mencapai 700 orang.

Baca juga: Warga Sarankan Pemerintah Subsidi GeNose untuk Screening Covid-19, Dinilai Lebih Mudah dan Murah

"Saat ini, kami telah menambahkan empat unit GeNose di Stasiun Pasar Senen untuk meningkatkan layanan tes Covid-19 untuk calon penumpang," kata Eva dalam keterangannya, Minggu (7/2/2021).

Eva juga mengungkapkan, saat ini jumlah keseluruhan alat tes Covid-19 GeNose di Stasiun Pasar Senen sebanyak 10 unit untuk mengakomodir calon penumpang yang ingin menggunakan layanan tersebut.

Dalam proses pemeriksaan Covid-19 menggunakan GeNose, lanjut Eva, KAI Daop 1 menghadirkan alur pemeriksaan GeNose C19 terbagi menjadi tiga zona, di antaranya zona administrasi, zona pengambilan sampel dan zona pemberian berkas hasil tes untuk calon penumpang.

Baca juga: Penumpang Kereta Api Pilih Antre Tes GeNose yang Murah, Tes Antigen di Stasiun Sepi

"Kami tentunya berharap, pemeriksaan Covid-19 menggunakan GeNose yang dilakukan oleh para calon penumpang dapat berjalan kondusif dan mengutamakan protokol kesehatan," ujar Eva.

Adapun Eva menjelaskan, untuk persyaratan melakukan tes GeNose di stasiun, setiap orang wajib menunjukkan tiket KA jarak jauh ataupun kode booking yang telah dibayarkan lunas beserta kartu identitas asli.

"Selain itu, calon penumpang KA yang akan melakukan pemeriksaan Covid-19 dengan GeNose juga dianjurkan tidak makan atau minum dan tidak merokok 30 menit sebelum melakukan proses pengambilan sampel melalui hembusan nafas ke kantong udara," terangnya.

Baca juga: Alat Tes Covid-19 GeNose Siap Digunakan di Stasiun Pasar Senen Sejak 5 Februari 2021

Ia juga menjelaskan, jika calon penumpang yang melakukan pemeriksaan Covid-19 menggunakan GeNose menunjukkan hasil positif calon penumpang akan diminta membatalkan perjalanan.

"Untuk calon penumpang yang diminta membatalkan perjalanan, akan dipersilakan menukar tiket dengan uang kembali di loket," kata Eva.

Ikuti kami di
Penulis: Hari Darmawan
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas