Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kemenpan RB: Indeks Pelayanan Publik Setingkat Polres Alami Peningkatan Tiga Tahun Terakhir

Diah mengatakan, pada tahun 2018 angka indeks layanan publik oleh kepolisian sebesar 3,31 persen dengan kategori baik.

Kemenpan RB: Indeks Pelayanan Publik Setingkat Polres Alami Peningkatan Tiga Tahun Terakhir
Wartakota/Angga Bhagya Nugraha
ilustrasi.Petugas Kepolisian Republik Indonesia memeriksa sejumlah kendaraan yang hendak masuk area Markas Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (13/11/2019). Sejumlah kantor polisi di Jakarta, penjagaannya diperketat pasca terjadinya bom bunuh diri di Mapolres Medan. (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengatakan ada peningkatan indeks pelayanan publik di lembaga kepolisian di tingkat Polres/Polresta/Polrestabes/Polres Metro dalam tiga tahun terakhir.

Hal itu berdasarkan hasil evaluasi Kemenpan RB terhadap 209 unit layanan Polres/Polresta/Polrestabes/Polres Metro pada rentang waktu 2018, 2019, dan 2020. 

"Angka indeks hasil evaluasi lingkup Polres/Polresta/Polrestabes/Polres Metro dalam tiga tahun terakhir mengalami peningkatan," ucap Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB Diah Natalisa dalam acara 'Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Lingkup Polri Tahun 2020,' Selasa (16/2/2021).

Diah mengatakan, pada tahun 2018 angka indeks layanan publik oleh kepolisian sebesar 3,31 persen dengan kategori baik.

Angka itu meningkat cukup signifikan menjadi 3,57 persen dengan kategori baik pada 2019. 

Baca juga: Kemenpan RB: Pelayanan Publik Kepolisian untuk Masyarakat Alami Peningkatan Tiga Tahun Terakhir

"Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan, perolehan indeks pelayanan publik lingkup Polres Polresta, Polrestabes, dan Polres Metro tahun 2020, adalah sebesar 3,71," tutur Diah.

"Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang sangat baik dalam penyelenggaraan pelayanan kepolisian kepada masyarakat," sambung Diah.

Ada enam aspek yang menjadi dasar penilaian oleh Kemenpan RB

Di antaranya Kebijakan Pelayanan; Profesionalisme SDM; Sarana dan Prasarana; Sistem Informasi Pelayanan Publik; Konsultasi dan Pengaduan; serta Inovasi Pelayanan Publik. 

Hasil evaluasi Kemenpan RB tahun 2020 memberikan skor A kepada 12 lembaga setingkat polres, nilai A- pada 40 kepolisian resor. 

Nilai B diberikan kepada 96 kepolisian resor, 43 kepolisian resor mendapatkan B-, 16 kepolisian resor memperoleh nilai C, dan 2 kepolisian resor mendapatkan nilai C-.

Ikuti kami di
Penulis: Lusius Genik Ndau Lendong
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas