Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kasus Suap di MA

Kubu Nurhadi Tegaskan Uang Rp 9,5 Miliar Adalah Utang Piutang Rezky Herbiyono, Bukan Gratifikasi

Tim hukum Nurhadi dan menantunya Rezky Herbiyono menegaskan bahwa uang Rp 9,5 miliar dari Donny Gunawan adalah pinjaman.

Kubu Nurhadi Tegaskan Uang Rp 9,5 Miliar Adalah Utang Piutang Rezky Herbiyono, Bukan Gratifikasi
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi (kanan) dan menantunya Rezky Herbiyono memakai baju tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Selasa (2/6/2020). KPK menangkap Nurhadi dan Rezky Herbiyono yang sudah buron selama empat bulan terkait kasus dugaan suap gratifikasi senilai Rp 46 miliar. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim hukum mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi dan menantunya Rezky Herbiyono menegaskan bahwa uang Rp 9,5 miliar dari Direktur Utama PT Multi Bangun Sarana Donny Gunawan adalah pinjaman, bukan gratifikasi pengurusan perkara.

Mereka merujuk pada keterangan Donny Gunawan yang hadir sebagai saksi dalam sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (17/2/2022).

Dalam sidang tersebut, Donny mengakui memberi pinjaman uang kepada Rezky Herbiyono.

Baca juga: Nurhadi Bantah BAP Notaris Bank Bukopin Soal Pertemuan di Jakarta

"Saksi Donny Gunawan ini memberi utang kepada saudara Rezky itu kurang lebih Rp 9,5 miliar. Ya itu tidak terkait dengan perkara. Itu semata-mata utang dari saudara Donny kepada saudara Rezky," kata kuasa hukum Nurhadi dan Rezky, Rudjito di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu malam.

Rudjito menjelaskan pembayaran utang tersebut sudah dilunasi, salah satunya lewat pemberian vila di Vimala Hills Megamendung, Jawa Barat.

Sehingga atas keterangan saksi Donny itu, Rudjito kembali menegaskan dakwaan jaksa soal gratifikasi Rp 9,5 miliar yang diterima Rezky sama sekali tidak benar.

Baca juga: Saksi di Sidang Nurhadi: Niat Membantu Berujung di Bui, Kok Bisa?

"Itu sudah terbantah hari ini bahwa tidak ada aliran uang yang terkait dengan perkara ke Rezky, itu semata-mata urusan utang-piutang kepada Rezky dengan saudara Donny Gunawan," kata dia.

Ia menyatakan kliennya tak pernah menerima aliran suap ataupun gratifikasi yang berkaitan dengan pengurusan perkara di MA.

Baca juga: Menantu Nurhadi Pernah Belikan Arloji Richard Mille Seperti Punya Moeldoko, Harganya Rp 1,5 Miliar

"Jadi sekali lagi tidak pernah ada aliran uang yang terkait dengan perkara yang kaitannya berhubungan dengan Donny Gunawan. Itu yang paling utama," katanya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Adi Suhendi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas