Tribun

Gejolak di Partai Demokrat

Jhonny Allen Marbun Jelaskan Alasan KLB Digelar, Sebut karena Tindakan SBY Bentuk Tirani Politik

Demokrat kubu Moeldoko menggelar konferensi pers terkait alasan pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) di Jalan Terusan Lembang, Menteng, Jakarta Pusat.

Penulis: Faryyanida Putwiliani
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Jhonny Allen Marbun Jelaskan Alasan KLB Digelar, Sebut karena Tindakan SBY Bentuk Tirani Politik
Kompas TV
Sekjen Demokrat Versi KLB, Jhonny Allen Marbun. - Demokrat kubu Moeldoko menggelar konferensi pers terkait alasan pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) di Jalan Terusan Lembang, Menteng, Jakarta Pusat. 

TRIBUNNEWS.COM - Partai Demokrat kubu Moeldoko menggelar konferensi pers terkait alasan pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) yang telah digelar di Sibolangit pada Jumat (5/3/2021) kemarin.

Konferensi pers tersebut dilaksanakan di kediaman Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, Jalan Terusan Lembang, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/3/2021).

Para pendiri Partai Demokrat yang kini berada di kubu Moeldoko menyebut ada beberapa poin yang menjadi penyebab dan mendesak para kader untuk menggelar KLB.

Dalam kesempatan tersebut, Jhonny Allen Marbun mengatakan alasan mengapa diadakannya KLB Partai Demokrat.

Ia menyebutkan bahwa salah satunya karena tindakan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang membentuk tirani politik dalam Partai Demokrat.

Baca juga: Benny K Harman: Pemerintah Punya Kewajiban Jaga Partai Demokrat yang Sah

Baca juga: Gatot Nurmantyo Tak Kaget Moeldoko Jadi Ketum Demokrat, Sindir Harusnya Kedepankan Sikap Ksatria

Selain itu SBY juga memberikan kekuasaan absolut kepada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.

Seperti menunjuk dan memberhentikan pengurus DPD, DPC, Calon Wali Kota, Bupati serta menentukan koalisi dalam kontestasi pilkada hingga membuat AD/ART diluar kongres.

Ditambah lagi dengan wewenang Ketua Majelis Tinggi melebihi kedaulatan partai.

Jhoni menyebutkan tindakan tersebut sama saja melanggar hak-hak kader Partai Demokrat.

"Calon Ketua Umum harus menjadi kewenangan Ketua Majelis Tinggi. Bahkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga menjadi kewenangan Majelis Tinggi."

"Rancangannya yang akan disahkan pada kongres melanggar, mengamputasi. Sudah melanggar UUD, UU Partai Politik, mengambil hak-hak kader," tegas Jhonny dikutip dari tayangan Live Kompas Petang, Kamis (11/3/2021).

Baca juga: Kubu Moeldoko Pilih Kantor DPP Demokrat di Rawamangun, Ini Penampakannya

Baca juga: Politikus Demokrat Sebut Jhoni Allen Cs Gagal Move On dan Terjebak Romantisme Masa Lalu

Umumkan Kantor DPP Partai Demokrat Versi KLB Ada di Rawamangun

Dikutip dari tayangan di kanal YouTube Kompas TV, Kamis (11/3/2021), Partai Demokrat versi KLB mengumumkan kantor resminya berada di Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur.

Hal ini disampaikan Darmizal sebagai penggagas KLB saat konferensi pers di kediaman Jenderal Purn Moeldoko, Lembang, Menteng, Jakarta Pusat.

Wiki Terkait

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas