Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Lewat Gerakan Cinta Zakat, BAZNAS Hadirkan Kemudahan Masyarakat untuk Tunaikan Zakat

Adapun untuk wilayah penyertaan counter nya sendiri kata Rizal ada di seluruh provinsi dan daerah di Indonesia termasuk Jabodetabek.

Lewat Gerakan Cinta Zakat, BAZNAS Hadirkan Kemudahan Masyarakat untuk Tunaikan Zakat
Tribunnews/HO/Biro Pers Setpres/Muchlis Jr
Ilustrasi: Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan sejumlah menteri menyerahkan zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (15/4/2021). Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi sekaligus meluncurkan secara resmi Gerakan Cinta Zakat yang mendorong partisipasi masyarakat untuk meningkatkan zakat, infak, dan sedekah. Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin yakni Menko Polhukam Mahfud Md, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Baznas Noor Achmad, serta sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju lainnya. Acara tersebut digelar dengan tetap mematuhi dan menjaga protokol kesehatan yang ketat. Tribunnews/HO/Biro Pers Setpres/Muchlis Jr 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melakukan kegiatan bertajuk Gerakan Cinta Zakat, untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam menunaikan zakatnya, terlebih di bulan suci Ramadan.

Pimpinan BAZNAS Republik Indonesia Rizaludin Kurniawan mengatakan, kemudahan yang diberikan oleh pihak nya yakni dengan menghadirkan counter pembayaran zakat di beberapa Mall dan beberapa kantor.

Adapun untuk wilayah penyertaan counter nya sendiri kata Rizal ada di seluruh provinsi dan daerah di Indonesia termasuk Jabodetabek.

Baca juga: Presiden dan Wapres Berzakat Lewat Baznas, Ajak Pejabat Lewat Amil Zakat Resmi

"Yang di jabodetabek ini ada 10 mall termasuk Kota Kasablanka, Cibubur Junction, Pesona Square, AEON Mall, Plaza Semanggi, Botani Square, Pejaten Village, Pasific Place, ada juga Pondok Indah Mall," kata Rizal kepada Tribunnews.com, Minggu (18/4/2021).

"Ada juga di beberapa kantor kemenparekraf, kemendikbud ada sekitar 10an di kantor," katanya melanjutkan.

Alasan pihaknya menyertakan counter pembayaran di pusat perbelanjaan atau mall, karena menurutnya tempat tersebut kerap ramai pengunjung.

Untuk counter itu sendiri akan tersedia sejak awal Ramadan 1442 H hingga tanggal 16 Mei 2021 atau tiga hari setelah Hari Raya Idul Fitri.

Baca juga: Ganjar: Zakat Bisa Tolong Orang Kesusahan di Rumah Sakit dan Bayar Uang Sekolah

"Di mall ini selain banyak pengunjung saat ini kami sosialisasikan di sini. Tujuannya agar pesan cinta zakat ini bisa menyebar di seluruh Indonesia," ucapnya.

Rizal mengatakan, gerakan cinta zakat ini juga sudah diresmikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana pada beberapa hari lalu.

Lanjut dia, hadirnya kegiatan tersebut juga menjadi upaya BAZNAS untuk mengajak para masyarakat agar lebih peduli kepada sesama.

Baca juga: Hukum Mengeluarkan Zakat dari Sebuah Usaha Atau Bisnis yang Mengandung Riba

"Untuk masyarakat umum mengingatkan kembali bahwa kami BAZNAS punya gerakan cinta zakat yang berprinsip bahwa kami kenalkan ke masyarakat bahwa banyak sekali orang-orang yang fakir dan miskin yang perlu kita bantu. Jadi cinta zakat ini sebenarnya mencintai fakir miskin untuk kebutuhan bersama," tuturnya.

Nantinya, hasil dari penyerahan zakat yang diterima oleh BAZNAS akan disalurkan secara langsung kepada masyarakat yang membutuhkan di berbagai daerah.

"Yang pertama untuk fakir miskin, kami juga ada data induk mustahik, nah data itu nasional yang utama intinya kami salurkan untuk fakir miskin," tukasnya.

Ikuti kami di
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas