Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kasus Asabri

Kebocoran Pipa Gas Kapal LNG Aquarius Bakal Turunkan Nilai Sitaan Korupsi Asabri?

Pihak JAM Pidsus masih mendalami kerusakan yang dialami oleh kapal yang konon terbesar di Indonesia tersebut.

Kebocoran Pipa Gas Kapal LNG Aquarius Bakal Turunkan Nilai Sitaan Korupsi Asabri?
Tribunnews.com/ Igman Ibrahim
Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejagung Febrie Adriansyah di Gedung Bundar Kejaksaan Agung RI, Jakarta, Rabu (22/1/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapal LNG Aquarius yang merupakan sitaan kasus korupsi Asabri (Persero) mengalami kebocoran pipa gas. Kerusakan ini dikhawatirkan membuat nilai aset sitaan kapal tersebut menjadi turun.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (JAM Pidsus) Febrie Adriansyah mengaku pihaknya masih mendalami kerusakan yang dialami oleh kapal yang konon terbesar di Indonesia tersebut.

Nantinya, pihaknya baru bisa menilai apakah kerusakan yang dialami kapal LNG Aquarius bisa mempengaruhi nilai aset sitaan korupsi Asabri atau tidak.

"Nanti kita pastikan lah. Kan ini lagi diperiksa lagi. Nanti kita pastikan, kita butuh juga secara teknis," kata Febrie di Kejagung RI, Jakarta, Senin (19/4/2021) malam.

Febrie menerangkan teknis yang dimaksudkan adalah sejauh mana kerusakan pipa gas yang dialami oleh Kapal LNG Aquarius. Pihaknya juga belum mengetahui secara rinci kerusakan kapal tersebut.

Baca juga: Tersangka Korupsi Asabri Terendus Cuci Uang Hasil Kejahatan Lewat Bitcoin 

"Kalau teknis pembuktian hukum mungkin kita. Tapi teknik mesin kita juga nggak paham apa yang rusak sampai sejauh mana atau perbaikan," jelas dia.

Lebih lanjut, ia menyatakan kapal LNG Aquarius memang tengah dikelola oleh Pertamina sejak pertama kali disita. Adapun alasan kapal itu tetap dibiarkan beroperasi karena pertimbangan kemanfaatannya.

"Ada beberapa pertimbangan sehingga itu harus operasional, pertimbangan dari sisi kemanfaatannya juga. Jadi terjadi itu. Nanti segera kita sudah terima juga laporan dari teman-teman Pertamina," ujar dia.

Sebelumnya, Kapuspenkum Kejaksaan Agung RI Leonard Eben Ezer membenarkan kapal pengangkut gas alam cair alias liquefied natural gas (LNG) Aquarius milik tersangka korupsi Asabri Heru Hidayat mengalami kebocoran pipa.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...

Produk Populer

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas