Tribun

Kapal Selam Nanggala Hilang Kontak

Profil MV Swift Rescue, Kapal Singapura yang Berhasil Foto KRI Nanggala 402 di Kedalaman 838 Meter

Berikut ini profil MV Swift Rescue, kapal Singapura yang berhasil memotret kondisi bangkai KRI Nanggala 402 di kedalaman 838 meter.

Penulis: Daryono
Editor: Garudea Prabawati
Profil MV Swift Rescue, Kapal Singapura yang Berhasil Foto KRI Nanggala 402 di Kedalaman 838 Meter
KompasTV
MV Swift Rescue 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini profil MV Swift Rescue, kapal penyelamat Singapura yang berhasil memotret kondisi bangkai KRI Nanggala 402 di kedalaman 838 meter.

Kapal penyelamat Singapura ini tiba di Indonesia untuk membantu pencarian KRI Nanggala 402 pada Sabtu (24/4/2021).

Diketahui, setelah hilang kontak pada Rabu (21/4/2021) dini hari, kapal selam TNI AL, KRI Nanggala 402 akhirnya ditemukan.

Penemuan lokasi KRI Nanggala 402 itu bermula dari KRI Rigel yang berhasil mendeteksi citra bawah laut yang diduga bangkai KRI Rigel pada Minggu (25/4/2021) dini hari.

"Pada hari ini, Minggu 25 April 2021 pukul 01.01 WITA, dimana KRI Rigel yang sedang melaksanakan multibeam echosounder telah melaksanakan kontak bawah air yang signifikan di sekitar posisi datum atau saat tenggelamnya KRI Nanggala diketahui pertama kali pada kedalaman 800 meter," kata Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dalam konferensi pers, Minggu, dikutip dari KompasTV.

Baca juga: PROFIL KRI Rigel, Berhasil Temukan KRI Nanggala-402 Lewat Pemindaian, Beda dari Kapal Perang Lainnya

Yudo melanjutkan, karena robot bawah laut atau Remotely Operated underwater Vehicle (ROV) yang dimiliki KRI Rigel hanya mampu menjangkau kedalaman 800 meter, proses pendeteksian dilanjutkan oleh kapal MV Swift Rescue Singapura. 

Hal ini karena MV Swift Rescue Singapura memiliki ROV yang bisa menjangkau kedalaman lebih dari 800 meter.

Setelah itu, pada Minggu pagi, MV Swift Rescue Singapura menurunkan ROV-nya. 

"Pada (Minggu pagi) pukul 07.37 WITA, MV Swift Rescue menurunkan ROV guna menindaklanjuti kontak bawah laut yang tadi diberikan oleh KRI Rigel," ujar Yudo.

Setelah menurunkan ROV, MV Swift Rescue Singapura berhasil memotret KRI Nanggala 402 pada kedalaman 838 meter dalam kondisi terbelah menjadi tiga bagian. 

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas