Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Korupsi Bansos Covid di Kemensos

Sidang Kasus Suap Bansos Covid-19: Hakim Cecar Saksi Soal Rapat yang Dihadiri Juliari Batubara

Dalam kesaksiannya, Victorious mengaku pernah hadir dalam rapat di rumah dinas Menteri Sosial di kawasan Jalan Widya Chandra Jakarta.

Sidang Kasus Suap Bansos Covid-19: Hakim Cecar Saksi Soal Rapat yang Dihadiri Juliari Batubara
Foto: Tribunnews.com/Gita Irawan
Suasana sidang kasus suap Bansos Covid-19 dengan terdakwa bekas Menteri Sosial Juliari Peter Batubara di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat pada Senin (17/5/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hakim Ketua di Pengadilan Tipikor Jakarta Muhammad Damis yang menangani kasus dugaan suap bantuan sosial (bansos) untuk penanganan covid-19 dengan terdakwa bekas Menteri Sosial Juliari Peter Batubara mencecar saksi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) reguler pada Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kementerian Sosial Victorious Saut Hamonangan Siahaan terkait rapat-rapat yang dihadiri oleh Juliari saat masih menjabat.

Damis menanyakan kepada Victorious sejumlah rapat yang pernah dihadirinya saat awal pandemi covid-19 di antaranya kapan, di mana, dan siapa saja yang hadir dalam rapat tersebut.

Tidak hanya itu Damis juga menanyakan terkait isi pembicaraan dalam rapat tersebut termasuk apakah di dalam rapat tersebut juga dibicarakan terkait penentuan nilai sembako, transporter,  goody bag, dan vendor-vendor yang diajak kerjasama.

Dalam kesaksiannya, Victorious mengaku pernah hadir dalam rapat di rumah dinas Menteri Sosial di kawasan Jalan Widya Chandra Jakarta.

Menurut pengakuan Victorious, ia datang terlambat dalam rapat tersebut dan ketika ia berada di sana tidak ada pembicaraan mengenai nilai sembako, transporter,  goody bag, dan vendor-vendor yang diajak kerjasama.

Baca juga: Dimarahi Hakim, Dirjen Linjamsos Sebut Juliari Perintahkan Potong Rp10 Ribu Perpaket Bansos

"Yang pasti adalah bagaimana kami bisa mempercepat pengadaan barang, pada saat itu vendor masih sedikit, sementara coverage-nya banyak," kata Victorious di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat pada Senin (17/5/2021).

Selain itu, Victorious juga mengatakan sejumlah pejabat Kemensos hadir dalam rapat tersebut.

Victorious menyebut sejumlah pejabat tersebut di antaranya Sekjen Kemensos Hartono, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial (Dirjen Linjamsos) Pepen Nazaruddin, dan Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kementerian Sosial Syafii Nasution.

Victorious juga menyebut pejabat lain yang hadir adalah Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Adi Wahyono ketika ditanya Jaksa Penuntut Umum (JPU) kemudian.

Kepada JPU Victorious mengaku pertemuan tersebut terjadi selama 20 menit pada sekitar April.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas