Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Wagub Papua Klemen Tinal Meninggal

Sosok Almarhum Wagub Klemen Tinal, Jadi Bupati Mimika Usia 30 Tahun, Punya Banyak Karya Pembangunan

Wilhelmus mengatakan, ada begitu banyak karya yang telah menjadi warisan Klemen Tinal untuk Mimika maupun bagi Papua. 

Sosok Almarhum Wagub Klemen Tinal, Jadi Bupati Mimika Usia 30 Tahun, Punya Banyak Karya Pembangunan
Lusius Genik/Trbunnews.com
Suasana ibadah penghiburan bagi almarhum Wakil Gubernur Provinsi Papua Klemen Tinal di Rumah Duka Sentosa RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (21/5/2021) malam/Lusius Genik. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepergian almarhum Wakil Gubernur Provinsi Papua Klemen Tinal masih menyisakan duka mendalam bagi sebagian besar kerabat dekatnya. 

Satu di antara yang merasa sangat kehilangan yakni sahabat Klemen sedari masa muda, Wilhelmus Pigai yang kini menjabat Ketua Komisi Informasi Papua

"Pak Klemen itu sahabat saya, kami berdua seumuran dan sama-sama studi di luar daerah kemudian kembali ke Timika untuk berjuang bersama-sama agar Mimika menjadi kabupaten definitif lepas dari kabupaten induk Fakfak," tutur Wilhelmus kepada Tribunnews.com, Senin (24/5/2021).

Almarhum Klemen Tinal memimpin Kabupaten Mimika dua periode yaitu pada 2001-2006 dan 2008-2013. 

Baca juga: Wagub Papua Klemen Tinal Meninggal, Menpora Amali: Saya Merasa Sangat Kehilangan

Wilhelmus menceritakan, Klemen mengawali masa kepemimpinannya sebagai kepala daerah di usia yang sangat muda yakni 30 tahun.

"Pada 2001 beliau maju mencalonkan diri sebagai Bupati Mimika dan saya menjadi ketua tim suksesnya saat itu," kenang Wilhelmus. 

Di masa-masa awal kepemimpinannya sebagai Bupati Mimika, Klemen Tinal mampu mengelola anggaran yang sangat terbatas untuk melakukan banyak terobosan pembangunan.

Beberapa karya besar Klemen Tinal dalam membangun Mimika di antaranya, pembangunan jalan poros Kota Timika menuju Pelabuhan Pomako di Distrik Mimika Timur untuk mempermudah akses dan suplai barang kebutuhan pokok sekaligus menekan harga-harga di Timika. 

Pembangunan RSUD Tipe C Kabupaten Mimika, Sentra Pendidikan Mimika mulai dari SD-SMA untuk menampung putra-putri asli Suku Amungme dan Kamoro serta suku-suku asli Papua lainnya, pembangunan Kantor Pusat Pemerintahan di SP3, pembebasan lahan Bandara Mozes Kilangin, penataan wajah Kota Timika dan lainnya.

Baca juga: Dibesarkan di Keluarga Misionaris, Masa Kecil Klemen Tinal Banyak Dihabiskan di Pedalaman Papua

Di bidang keagamaan, Pemkab Mimika di bawah kepemimpinan Klemen Tinal sangat mendukung pembangunan berbagai rumah ibadah, baik kalangan umat kristiani maupun Islam. 

Halaman
123
Penulis: Lusius Genik Ndau Lendong
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas