Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Wings Air Rute Fakfak-Sorong Alami Rusak Mesin dan Gagal Terbang, Ini Penjelasan Manajemen

Penerbangan terjadwal Rabu (26/5/2021) dari Bandar Udara Torea Fak-Fak, Papua Barat (FKQ) tujuan Bandar Udara Dominie Eduard Osok

Wings Air Rute Fakfak-Sorong Alami Rusak Mesin dan Gagal Terbang, Ini Penjelasan Manajemen
Istimewa
Pesawat Wings Air 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Corporate Communications Strategic of Wings Air Danang Mandala Prihantoro memberikan penjelasan terkait penerbangan nomor IW-1513 rute Fakfak-Sorong yang gagal terbang karena mesin mendadak rusak.

Menurutnya, penerbangan terjadwal Rabu (26/5/2021) dari Bandar Udara Torea Fak-Fak, Papua Barat (FKQ) tujuan Bandar Udara Dominie Eduard Osok, Sorong, Papua Barat (SOQ) dijalankan berdasarkan standar operasional prosedur (SOP).

Baca juga: Serikat Karyawan Garuda Siapkan Opsi Tandingan untuk Selamatkan Bisnis Perusahaan 

"Saat proses penumpang masuk ke pesawat udara (boarding), pilot bersama teknisi tetap mempersiapkan rencana penerbangan.

Sesuai prosedur, pilot tetap melakukan pengecekan kembali pada pesawat dan ada indikator dalam kokpit yang menunjukkan harus dilakukan pemeriksaan pada bagian sistem pembangkit tenaga listrik (sumber tenaga listrik pada pesawat)," kata Danang kepada wartawan, Minggu (30/5/2021).

Baca juga: Serikat Karyawan Garuda: Pensiun Dini Dampak dari Restrukturisasi yang Dilakukan Manajemen

Dia menjelaskan penerbangan IW-1513 telah dipersiapkan dengan baik.

Wings Air akan mengoperasikan pesawat ATR 72-600 registrasi PK-WJP.

Sebelum keberangkatan, pesawat sudah menjalani rangkaian pemeriksaan lebih awal (pre flight check) dan dinyatakan laik untuk beroperasi (airworthiness and safety for flight).

Pesawat memiliki jadwal keberangkatan pada 09.50 waktu setempat (Waktu Indonesia Timur/ WIT, GMT+ 09), yang akan membawa empat awak pesawat serta 64 penumpang.

Baca juga: Sriwijaya Air: Penyebab Kecelakaan Pesawat SJ-182 Masih Belum Ditemukan

"Wings Air menegaskan, posisi pesawat masih berada di landas parkir (apron) tidak sedang bersiap untuk lepas landas. Dalam memastikan keselamatan, Wings Air menunda keberangkatan dikarenakan pesawat harus menjalani pemeriksaan lebih lanjut serta akan mendatangkan komponen pengganti cadangan (spare part)," tuturnya.

Danang mengatakan Wings Air menginformasikan kepada seluruh penumpang untuk kembali ke ruang tunggu guna mendapatkan penanganan dan pelayanan lebih lanjut.

Penerbangan IW-1513 mengalami penundaan dan akan diberangkatkan pada hari berikutnya (27/ 5/2021).

"Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang timbul. Wings Air memberikan solusi kepada penumpang yang akan melakukan proses pengembalian dana tiket (refund) atau perubahan jadwal keberangkatan (reschedule)," tukasnya.

Penerbangan IW-1513P telah diterbangkan dengan menggunakan pesawat ATR 72-600 registrasi PK-WJJ. Pesawat dinyatakan aman untuk dioperasikan.

Baca juga: Suami Teriak Pergoki Istri Berbuat Asusila dengan Selingkuhan, Ngaku Sudah Berhubungan Badan 1 Kali

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas