Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Survei SMRC: 48 Persen Masyarakat Indonesia Berharap Pemerintah Dukung Palestina

Ade mengatakan, survei tersebut dilakukan via telepon pada periode 18 hingga 21 Mei 2021.

Survei SMRC: 48 Persen Masyarakat Indonesia Berharap Pemerintah Dukung Palestina
screenshot
Direktur Komunikasi SMRC Ade Armando saat paparan hasil survei dengan tema, "Sikap Publik Nasional Terhadap Konflik Israel dan Palestina", Senin (31/5). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Survei nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terkini menunjukkan bahwa warga Indonesia yang berharap pemerintah menyatakan dukungan pada Palestina jauh lebih besar dibanding yang berharap pemerintah mendukung Israel.

Melalui survei tersebut, diketahui mayoritas warga yakni sekitar 88 persen telah mengetahui bahwa terjadi peningkatan konflik antara Israel dan Palestina beberapa waktu terakhir.

Dari seluruh warga yang mengetahui konflik itu, ada sekitar 48 Persen dari mereka yang berharap pemerintah menyatakan dukungan terhadap Palestina.

Sedangkan, yang mengharapkan pemerintah mendukung Israel hanya sebanyak 2 persen.

Baca juga: Survei SMRC: 71 Persen Masyarakat Indonesia Mengatakan Israel Bersalah

Temuan tersebut ditampilkan Direktur Komunikasi SMRC, Dr. Ade Armando, dalam peluncuran hasil survei SMRC bertajuk 'Sikap Publik Nasional terhadap Konflik Israel dan Palestina' yang diselenggarakan secara virtual pada Senin (31/5/2021).

"Dari temuan itu masyarakat yang berharap pemerintah netral dalam artian membantu mencari jalan tengah untuk kedamaian kedua belah pihak yakni sebanyak 42 persen dan yang tidak punya sikap 9 persen," kata Ade.

Ade mengatakan, survei tersebut dilakukan via telepon pada periode 18 hingga 21 Mei 2021.

Adapun untuk menentukan survei ini telah dipilih sampel 1203 responden secara random. 

"Margin of error diperkirakan kurang lebih 2,9 persen," ucapnya.

Survei tersebut juga kata Ade menunjukkan mayoritas Indonesia memandang pemerintah selama ini telah berperan besar dalam membantu penyelesaian konflik Israel-Palestina.

"Dari yang tahu konflik Israel-Palestina, sekitar 63 persen menilai bahwa peran pemerintah Indonesia dalam membantu penyelesaian konflik Israel-Palestina sejauh ini besar atau sangat besar. Yang menilai kecil atau sangat kecil 19 persen, dan yang tidak menjawab 18 persen," tukasnya.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas